foto : motorblitz

Majalahayah.com, Jakarta – Yamaha pernah menggoda konsumen dengan menghadirkan motor konsep LMW. Ditopang oleh dua roda depan, banyak yang meragukan motor hadir menjadi versi produksi.

Namun kenyataannya, memanfaatkan ajang Tokyo Motor Show 2017, Yamaha justru menjawab keraguan para pengkritiknya. Motor ini resmi diperkenalkan dalam versi produksi dengan nama Yamaha Niken.

Dibekali sasis MT-09, motor ini menggabungkan desain agresif naked bike dengan sepasang roda depan. Kedua roda depan pun bisa bergerak independen dan masing-masing roda depan dengan sepasang suspensi.

“Ini leaning multi-wheeler (LMW) bermesin besar. Teknologi yang ada pada LMW mampu mengurangi efek perubahan jalan dan memberikan stabilitas tinggi ketika berbelok,” tulis Yamaha, seperti dilansir dari Indianautos.

Secara dimensi, motor ini punya postur panjang 2.150 mm, lebar 885 mm dan tinggi 1.250 mm. Mesinnya tiga silinder segaris, 4-tak, DOHC, pendingin cairan dengan teknologi crossplane.

Sebagai informasi, nama Niken sendiri merupakan penggabungan dua bahasa Jepang. Ni berarti dua, dan Ken adalah pedang. Sedangkan peluncuran Yamaha Niken sendiri baru akan dilakukan pada November mendatang di Milan Motorcycle Show.