WNI di Belanda Berbondong-bondong Salurkan Hak Suara

WNI di Belanda Berbondong-bondong Salurkan Hak Suara

102
0
SHARE
Pemilu di Den Hag (Dok : Ist)

Majalahayah.com, Den Hag – Bertempat di Sekolah Indonesia Den Haag, Wassenar, Belanda Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) belanda menggelar pemilihan umum untuk Presiden, Wakil Presiden dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Pemungutan suara berlangsung akhir pekan lalu.

Kegiatan pencoblosan dilaksanakan mulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 21.30. Cuaca dingin, dengan suhu hampir 0 derajat, dan antrian yang cukup panjang tidak menyurutkan semangat 4.530 warga Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut yang datang dari berbagai wilayah di Belanda.

Menurut keterangan Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) Belanda pada Senin (15/4), angka tersebut belum termasuk ribuan surat suara yang dikirimkan melalui pos yang masih terus masuk sampai dengan tanggal 17 April 2019. Tingkat partisipasi Pemilu 2019 merupakan yang terbesar dalam sejarah pelaksanaan Pemilu nasional di Belanda.

KBRI menuturkan, suasana pesta demokrasi begitu terasa dan meriah dengan diiringi musik khas Indonesia yang dibawakan secara lansgung oleh biduanita Asti Dewi, cucu dari Gesang, seniman penggubah legendaris lagu “Begawan Solo.”

“Acara semakin lengkap seperti di tanah air dengan hadirnya aneka warung rakyat yang menyajikan aneka makanan Nusantara dengan harga terjangkau. Pemilu kali ini tidak hanya menjadi momentum untuk memilih para pemimpin Indonesia, tapi juga sebagai ajang memperkuat persatuan dan kesatuan, persaudaraan, silaturahmi dan menambah keakraban sesama WNI di Belanda,” kata KBRI dalam pernyataanya.

Secara umum, lanjut KBRI pelaksaan pemilu 2019 di Belanda berjalan aman dan damai. “Hal tersebut berkat kerja keras dan kerja sama yang erat antara PPLN, KPPSLN, dan Panwaslu serta para saksi,” tukasnya.

LEAVE A REPLY