Waspada Anak Anda Terpapar Bullying? Laporkan Kesini

Waspada Anak Anda Terpapar Bullying? Laporkan Kesini

119
0
SHARE
ilustrasi. Foto : lahuelladigital.com

Majalahayah.com, Jakarta – Tidak hanya di Indonesia, tindakan bullying pun turut serta menyebar di negara yang ada di dunia. Hal ini disebabkan kita tidak pernah mencari tau dampak dari bullying bagi tumbuh kembang anak.

Intimidasi dan penganiyaan sudah seharusnya dianggap sebagai bentuk lain dari stres beracun yang akan menuai efek besar pada kesehatan mental dan fisik seseorang.

Dikutip dari Okezone, jika anda sebagai orangtua mencurigai adanya perubahan sikap dan perilaku anak yang terkait dengan gejala korban bullying, jangan takut untuk datang langsung dan bertanya lembut 

Tanya lah kepada sang anak “Kamu pernah diganggu sama teman di sekolah?”.

Sebab, menjadi orangtua harus lebih aktif untuk memancing anak curhat karena tidak sedikit korban bullying yang menyembunyikan penderitaan mereka di sekolah dari orangtuanya.

Meskipun tidak ada orangtua yang ingin mendengar “ya” untuk pertanyaan-pertanyaan seperti tersebyg, ada baiknya bersiap untuk itu. Putuskan di awal, bagaimana Anda akan menanggapi jawaban “ya”. Pastikan Anda meyakinkan anak Anda bahwa Anda akan menjaganya, dan Anda hanya ingin yang terbaik untuk hidupnya.

Tentu saja tidak semua remaja akan otomatis mengakui penganiayaan yang dia terima di sekolah, dan “tidak” juga bisa berarti anak Anda membutuhkan bantuan untuk masalah kesehatan mental tertentu.

Itu sebabnya para ahli sangat menyarankan Anda mempertimbangkan mendapatkan penilaian profesional terhadap kondisi anak Anda dengan dokter anak atau psikolog untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Dalam kasus anak korban bullying, jangan takut untuk berbuat salah demi kewaspadaan. Bekerja sama dengan orang-orang profesional untuk membantu anak remaja Anda adalah cara terbaik untuk memastikan dia memiliki masa depan yang sehat.

Jika Anda mencurigai anak atau kerabat keluarga Anda mengalami tindak bullying, laporkan ke nomor 021-57903020 atau 5703303, hotline Pengaduan Bullying KEMENDIKBUD di 0811-976-929, melalui e-mail ke laporkekerasan@kemdikbud.go.id, atau mengakses website sekolahaman.kemdikbud.go.id

LEAVE A REPLY