Wajah Baru Profil Kapolda Metro Jaya Terpilih, Pengganti Irjen Iriawan

Wajah Baru Profil Kapolda Metro Jaya Terpilih, Pengganti Irjen Iriawan

178
SHARE
Foto : Irjen Idham Aziz, Kapolda Metro Jaya pengganti Irjen M Iriawan. Sumber www.kriminalitas.com

Majalahayah.com – Perombakan sejumlah jabatan strategis di tubuh Polri baru saja dilakukan oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melalui telegram rahasia nomor ST/1768/VII/2017 tertanggal 20 Juli 2017. Didalamnya terdapat 51 anggota Polri yang dimutasi. Salah satunya pengangkatan Irjen Idham Azis pengganti Irjen M Iriawan sebagai Kapolda Metro Jaya.

Irjen Idham Azis yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadivpropam) Polri. Karir Idham Azis bersama dengan Tito Karnavian, Petrus Reinhard Golose dan Rycko Amelza Dahniel memang mendapatkan kenaikan pangkat yang luar biasa. Pasalnya, tim inilah yang berhasil melumpuhkan komplotan teroris Dr. Azahari di kota Batu, Jawa Timur pada 9 November 2005.

Posisi Idham Azis sebagai Kadivpropram Polri akan digantikan oleh Brigjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Papua Barat. Sedangkan Mochamad Iriawan akan dipromosikan sebagai Asisten Kapolri Bidang Operasional (Asops).

Berikut adalah informasi biodata dan profil Irjen Idham Azis selengkapnya:

Nama Lengkap Irjen. Pol. Drs. Idham Azis, M.Si
Tempat/Tanggal Lahir Kendari, 30 Januari 1963
Profesi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya
Agama Islam
Status Menikah
Pendidikan Akademi Kepolisian (lulus tahun 1987)
Baca juga :   Perlu Diketahui, Jenis Lembar Tilang yang Berlaku dan Prosedurnya

Jabatan Kepolisian :

  • Kapolres Metro Jakbar Polda Metro Jaya (2009)
  • DirReskrimum Polda Metro Jaya (2009-2010)
  • Wakadensus 88 (2010-2013)
  • Dirtipikor Bareskrim Polri (2013-2014)
  • Kapolda Sulawesi Tengah (2016)
  • Kadivpropam (2016)
  • Kapolda Metro Jaya (2017)

Prestasi :

  • Mengungkap kasus perampokan bank BCA di Poso, SulTeng yang tujuannya mendanai aksi teror.
  • Menangkap Baikuni alias Babe, pembunuh berantai yang juga mencabuli korbannya.
  • Menangkap komplotan teroris Dr. Azahari Cs di Batu, Jawa Timur.

Terlahir di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 1963, Idham Azis adalah lulusan Akademi Kepolisian pada tahun 1988. Sebelum dirinya ditunjuk menjadi Kapolda Metro Jaya, Idham bahkan pernah memimpin Kepolisian Daerah di Sulawesi Tengah periode 2014 – 2016. Selanjutnya, Idham dipindahkan ke Mabes Polri dengan jabatan sebagai Kadivpropam.

Pada tahun 2010, saat Tito Karnavian menjadi Kepala Detasemen Khusus 88 Anti-Teror, Idham Azis menjabat sebagai wakilnya. Saat itu, Idham berhasil mengungkap kasus perampokan bank BCA di Poso dimana diketahui perampokan tersebut untuk membiayai aksi terorisme.

Baca juga :   Diwarnai Aksi Tembak, Bea-Cukai Polri Tangkap Sindikat Narkoba Jaringan Malaysia

Idham Azis pernah pula menjabat sebagai Kapolres Jakarta Barat pada tahun 2008 serta Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya pada tahun 2009. Semasa jabatannya tersebut, Idham berhasil menangkap pembunuh berantai anak-anak yaitu Baikuni atau Babe.

Rekan yang dikenal cukup dekat dengan Tito Karnavian karena satu angkatan di Akpol tahun 1987 ini, sempat menjadi satu tim dengan Tito dalam aksi memburu komplotan teroris Dr. Azhari di Batu, Malang, Jawa Timur. Keduanya mendapat kenaikan pangkat yang luar biasa karena keberhasilan tersebut.

Harapan baru pun hadir diantara proses perombakan struktur Kepolisian RI. Semoga segala amanah dan tanggung jawab baru sebagai Kapolda Metro Jaya dapat diemban sebaik mungkin demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.