Wagub Sandi Resmikan ‘Citizen Innovation Lab’, Inovasi Masalah Publik Lewat Kolaborasi Warga

Wagub Sandi Resmikan ‘Citizen Innovation Lab’, Inovasi Masalah Publik Lewat Kolaborasi Warga

64
SHARE
Cawagub Sandiaga Uno, foto: tys/majalahayah.com

Majalahayah.com, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno menghadiri acara launching ‘Citizen Innovation Lab: Leaders Brief’ yang digelar di Jakarta Digital Valey Menara Multimedia TELKOM, Selasa (10/10).

Citizen Innovation Lab merupakan semacam laboratorium untuk penyelesaian masalah publik melalui inovasi kolaboratif dan digagas oleh Arie Mufti, yang sebelumnya menjadi Koordinator Dewan Pakar Anies – Sandi.

Program itu dibentuk sebagai fasilitator kolaborasi inovatif bagi warga, dunia usaha, para Profesional dan Inovator.

“Semula dibentuk sebagai komunitas pegiat Smart City yang diresmikan Bang Sandi Uno di Bulan Juli lalu. Namun belakangan, supaya lebih konkrit menghasilkan inovasi kolaboratif buat Kota kita,” kata Arie di Jakarta, dalam rilis yang diterima Majalahayah.com, Rabu (11/10/2017).

Baca juga :   Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Presiden Jokowi : Berikan Ruang kepada PKI, Tidak !

Program itu, lanjut dia, atas anjuran pegiat komunitas dan para Mitra untuk mengupgrade komunitas menjadi Citizen Innovation Lab. “Kita mulai kolaborasi kali ini dengan melahirkan sebanyaknya para pegiat inovasi warga” sebutnya.

Sementara itu, Wagub Sandi dalam pemaparannya bertajuk ‘Membangun Kota dengan Gerakan Warga dan Inovasi’ mengatakan dirinya ingin ada permasalahan yang diselesaikan dengan pendekatan digital, atau entrepreneurship.

Baca juga :   Komisi XI: Biaya Uang Elektronik Tak Adil dan Merugikan Masyarakat

“Kolaborasi bisa bermacam-macam. Simple idea huge impact,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya ingin ada 100 ribu penggerak inovasi lahir di Jakarta. “Ayo kita kolaborasi. Sudah saatnya kita berkolaborasi. Boleh kita berkompetisi tapi yang paling penting kita bekerjasama untuk memajukan Kota Jakarta yang kita cintai” pungkasnya.

Rencananya, Citizen Innovation Lab akan berkolaborasi menghadirkan inovasi mendukung acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur baru 16 Oktober 2017 mendatang, dengan menerapkan inovasi warga berupa Virtual Reality Cast dan Visual Analytics.