Usai Viral Sampah, Begini Kondisi Mini Zoo di Cilodong Depok Saat Ini

Usai Viral Sampah, Begini Kondisi Mini Zoo di Cilodong Depok Saat Ini

76
0
SHARE

Majalahayah.com, Depok – Terkait viralnya kondisi mini zoo di Kawasan Devisi 1 Kostard, Cilodong, Depok, Jawa Barat yang diketahui banyaknya sampah sehingga terkesan tak terurus, akhirnya pihak kostard angkat bicara.

Kepala Penerangan Divif 1 Kostrad Mayor Inf, Roni Hermawan mengatakan bahwa kondisi yang terlihat tidak terawat dikarenakan jumlah pengunjung meningkat saat libur lebaran.

“Setiap pagi dan sore hari itu selalu dibersihkan, bisa dilihat lingkungan disini selalu bersih kan? Cuma kalau sudah siang itu banyak angin jadi dedaunan pada berjatuhan ditambah lagi saat ini sedang moment libur lebaran jadi banyak pengunjung yang ingin memberi makan hewan-hewan,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kostrad Cilodong, Jawa Barat, Rabu (12/6/2019).

Persoalan perawatan dan perlindungan satwa, ia katakan sudah layak. Sebab perawatan serta perlindungan telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku setiap harinya.

“Ada petugas yang bertanggung jawab dalam menjaga dan memelihara kebersihannya. Jadi dari viralnya dalam berita tersebut tidak benar adanya yang menyatakan bahwa kondisi sangat tidak layak,” imbuhnya.

“Kita ini setiap bertugas selalu laporan keatasan langsung, seperti kegiatan menyapu halaman karena dedaunan saja kita laporan,” tambahnya.

Monyet sedang menikmati makanan dari pengunjung (Dok : DN)

Dalam pemberitaan ini, Roni katakan sudah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Keanekaragaman Hayati Jawa Barat perihal kelanjutan pemeliharaan satwa di area Kolam Renang.

“Apakah tetap diperkenankan untuk dipelihara di lokasi sebagai sarana edukasi anak-anak atau harus diserahkan ke Kebun Binatang untuk pemeliharaan selanjutnya,” tuturnya.

Kondisi Mini Zoo Usai Klarifikasi dari Pihak Kostrad

Burung Kasuari (Dok : DN)

Dari pantauan majalahayah.com, saat mengunjungi lokasi mini zoo yang bergabung dengan Kolam Renang Tirta Gupti pada siang hari ini, Rabu (12/6/2019) kondisinya sudah bersih hanya ada beberapa sampah bekas makanan dan minuman.

Namun yang menjadi sorotan ialah tempat makan setiap kandang satwa. Terlihat setiap tempat makan masih terlihat kosong alias tidak ada makanan di dalamnya.

Tak hanya itu, faktor pengunjung yang ingin memberikan makan mengakibatkan penumpukan sampah di dalam kandang, hasil pemantauan tim kami pun melihat minimnya fasilitas tempat sampah di area mini zoo.

LEAVE A REPLY