Pasukan militer irak Aljazeera. (Foto: Netralnews)

Majalahayah.com, Pasukan Irak melancarkan operasi untuk membersihkan padang pasir yang berbatasan dengan Suriah dari Negara Islam, dan menyingkirkan Irak dari kelompok militan tersebut.

Beberapa pejabat militer Irak mengatakan, bahwa Pasukan dari tentara Irak dan Shi‘ite Popular Mobilization Forces (PMF) mengambil bagian dalam kampanye melawan gerilyawan yang bersembunyi di perbatasan.

“Tujuan di balik operasi ini adalah untuk mencegah agar kelompok Daesh yang tersisa tidak mencair ke wilayah gurun dan menggunakannya sebagai basis serangan di masa depan,” kata kolonel tentara Salah Kareem, dikutip dari Reuters.

Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi mengatakan bahwa Negara Islam telah dikalahkan dari perspektif militer. Meski begitu, dia hanya akan mengumumkan kemenangan akhir setelah militan IS disalurkan ke padang pasir.

Pasukan Irak pada hari Jumat merebut kota perbatasan Rawa, kota terakhir yang tersisa di bawah kendali Negara Islam, menandakan runtuhnya khilafah kelompok tersebut diproklamirkan setelah menguasai sebagian besar wilayah utara dan barat Irak pada tahun 2014.