Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di Graha BNPB pada Kamis (2/4/2020). (Dok : BNPB)

Majalahayah.com, Jakarta – Kasus positif corona Indonesia bertambah lagi sebanyak 105 kasus menjadi total 790 kasus. Sementara itu, jumlah pasien sembuh dari penyakit virus corona (Covid-19) bertambah 1 menjadi 31 orang.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, dalam keterangan pers yang disiarkan melalui kanal Youtube di Jakarta, Rabu (25/3/2020)

Pria yang akrab disapa Yuri itu menjelaskan hasil tes menggunakan PCR menunjukkan penambahan 105 kasus. Ia juga mengoreksi data kasus positif corona Indonesia sebanyak 686 kasus yang disampaikan Selasa kemarin. Setelah koreksi, data yang betul adalah 685 kasus.

“Kemarin ada 685 kasus karena ternyata ada 1 pasien tercatat di dua rumah sakit. Sudah kita konfirmasi bahwa riilnya adalah 685. Ditambah 105 kasus, jadi total 790 kasus [positif corona],” kata Yuri.

Selain itu, Yuri juga melaporkan adanya 1 pasien sembuh. Dengan demikian, total jumlah pasien sembuh menjadi 31 orang.

“Sedangkan, kematian, hasil verifikasi ulang ada 55 kasus kemarin hari ini bertambah 3 [kasus]. Jadi total meninggal 58 orang,” urai Yuri.

Tekankan Jaga Jarak

Pada kesempatan itu Yuri juga terus mengingatkan agar masyarakat disiplin menjaga jarak dalam melakukan kontak interaksi sosial untuk mencegah persebaran kasus positif corona Indonesia. Jaga jarak ini tak hanya dilakukan di luar rumah tapi juga di dalam rumah.

Terkait menjaga jarak ini, Yuri mencontohkan kesuksesan di negara Vietnam. Di sana, masyarakat mengedepankan menjaga jarak dan isolasi diri untuk mencegah dan menghentikan penularan Covid-19.

“Berpikir jangan sampai sakit. Yang sehat harus kita jaga tetap sehat. Yang sakit, kita tangani supaya segera sembuh,” terang dia.

Yuri juga terus mengajak masyarakat agar rutin mencuci tangan pakai sabun. Mencuci tangan pakai sabun lebih efektif daripada menggunakan hand sanitizer. Sebab, sabun membasuh menggunakan air mengalir dan membersihkan celah-celah kuku dengan baik.

“Kalau merasa sakit, gunakan masker. Jaga jarak dalam kontak interaksi sosial baik di dalam rumah maupun di luar rumah,” imbau Yuri.