Majalahayah.com, Bandung – Keterbatasan ekonomi, masalah keluarga, dan lingkungan menjadi faktor masyarakat marjinal memilih hidup di pinggiran kota atau jalanan.

Perbedaan kelas sosial ekonomi diperkotaan membuat masyarakat marjinal atau anak punk merasa terasingkan. Jika mereka (anak punk) mendekat, rasa takut dan cemas sudah mendarah daging bagi kita yang hidup serba berkecukupan.

Terlebih, tampilan yang mencolok dan menakutkan bagi mayoritas masyarakat, telah berhasil membuat bulu kuduk merinding. Lalu, pasti tak sedikit dari kita ingin melakukan perubahan dan merubah mindset terhadap kaum marjinal sehingga bisa menjalin tali silaturahmi bersama mereka, yuk sahabat ayah kita simak tips dari penggiat Komunitas Seniman Terminal (Senter).

1. Jadikan mereka teman

Menurut Wirawan Yogiasono akrab disapa Wawan, ia katakan jadikan anak jalanan sebagai teman kita, adik kita, saudara kita. Bagiaman caranya? Saat bertemu berikan senyuman terbaik, sapa mereka dengan ucapan yang santun dan berikan mereka sesuatu hal yang baik seperti motivasi agar mereka bisa jadi lebih baik.

2. Ubah Mindset

Jangan lagi menilai kalau anak jalanan (punk) itu keras, kasar, dan menjijikan. Menurut Wawan, tampilan mereka seperti itu karena kurangnya ilmu parenting dalam kehidupannya.

“Caranya bila ketemu jangan menampakan kalau kita menghindar dari dia biasa aja , kita harus menja sikap  agar merka melihat dan merasakan kalau mereka merasa di hargai,” tutur Wawan kepada majalahayah.com usai acara Berkompetisi Indonesia, di Bandung, Jawa Barat (7/4/2019).

Jika ingin merubah mindset mereka, sambung Wawan hal itu harus diawali dari kita bagiamana cara kita menyikapi mereka. Dengan proses seperti itu, mereka pun akan mengalami perubahan dikemudian hari.

3. Berikan Rezeki yang baik

Jika ada Rezki, Wawan sarankan agar memberikannya kepada mereka yang terbaik dengan cara yang positif.

Bagaimana sahabat ayah? Apakah siap untuk merubah mindset untuk masyarakat marjinal? Yuk kita sama-sama bangun kesejahteraan masyarakat diawali kasih dan sayang.