Kirobo Mini. Sumber: youtube.com

Majalahayah.com – Tokyo, Salah satu produsen teknologi asal Jepang, Toyota meluncurkan robot berbentuk “bayi” untuk persahabatan. Bernama Kirobo Mini, yang bertinggi 10cm (4in) yang tinggi, telah dirancang untuk memberikan persahabatan, kata perusahaan itu.

Dilansir dari BBC, Kirobo bisa menyesuaikan percakapan untuk memasukkan komentar tentang perjalanan berdasarkan data dari kendaraan pemiliknya. Ia juga memiliki atribut seperti anak-anak, tetapi seorang ahli robotika mengatakan robot tidak bisa menjadi pengganti bagi seorang anak.

“Dia bergetar sedikit, dan ini dimaksudkan untuk meniru bayi duduk, yang belum sepenuhnya mengembangkan keterampilan untuk menyeimbangkan dirinya sendiri,” Fuminori Kataoka, desain chief engineer Kirobo Mini, selasa (4/10/2016).

“Kerentanan ini dimaksudkan untuk memohon hubungan emosional.” Prof Dr Kerstin Dautenhahn, dari sekolah ilmu komputer di University of Hertfordshire, mengatakan robot yang “lucu” mungkin menarik bagi anak-anak muda.

Bagi Kerstin sendiri mengatakan teknologi tersebut mengingatkanya dengan produk di masa kecilnya. Apalagi bentuknya yang kecil dan lucu akan membuat robot tersebut menjadi lebih menarik.

“Ini mengingatkan saya pada Tamagotchi – gagasan memiliki hal kecil yang lucu yang belum tentu memberikan kesan bahwa itu adalah hidup tetapi memiliki atribut-atribut manusia hidup,” katanya.

Namun, Prof Dautenhahn, mengatakan hal itu “ofensif” bisa menjadi pengganti untuk wanita yang tidak mempunyai anak, karena beberapa reportshave disarankan. Bahkan beberapa tempat pemasaran Toyota menunjukkan wanita menggendong robot, tetapi perusahaan tidak secara eksplisit membuat klaim tersebut.

“Ini mungkin membuat orang merasa baik, tetapi tidak ada komponen manusia di sini, robot tidak dapat pengganti untuk anak-anak,” kata Prof Dautenhahn.

Toyota mengatakan Kirobo Mini dapat terlibat dalam “percakapan santai”, menggunakan gerak tubuh, ekspresi wajah dan berkedip. Mengingat preferensi pengguna dan peristiwa sebelumnya, seperti suka, tidak suka dan tamasya.

Menggunakan data dari perangkat yang terhubung seperti di rumah atau mobil untuk menghasilkan komentar. Robot ini memiliki banderol harga sementara dari ¥ 39.800 (£ 300), dan tidak ada rencana untuk menjualnya di luar Jepang.

Hal ini jauh lebih murah daripada robot pendamping lainnya – robot humanoid Aldebaran, Lada, biaya ¥ 198.000 pada saat peluncuran. Pendahulunya Kirobo Mini, sebuah robot 34cm disebut Kirobo, dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada tahun 2013. Tugasnya adalah untuk menemani astronot Jepang Kochi Wakata sebagai bagian dari studi tentang isolasi.