Home Kabar TNI AD Pastikan Enzo Allie tidak Terafiliasi HTI

TNI AD Pastikan Enzo Allie tidak Terafiliasi HTI

58

Majalahayah.com, Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, setelah pihaknya melakukan penilaian lebih lanjut kepada Enzo Zenz Allie (18), yang bersangkutan memenuhi syarat sebagai salah satu taruna Akademi Militer (Akmil) 2019.

Sekadar diketahui, beberapa waktu lalu muncul kabar kalau Enzo diduga terpapar paham khilafah. Informasi itu merebak ketika foto-foto lawasnya muncul di media sosial, menunjukkan Enzo berfoto dengan bendera tauhid yang identik dengan lambang ormas terlarang di Indonesia yakni Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

“Makanya untuk meyakinkan kami melakulan penilaian tambahan. Untuk memastikan bahwa kita memang enggak salah. Yang kita nilai adalah yang bersangkutan ingin masuk jadi perwira TNI. Jadi kita ingin memastikan,” kata Andika saat konferensi pers di Gedung Mabesad, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Ia menuturkan, berdasarkan alat ukur dari penilaian yang dilakukan pihaknya, dinyatakan Enzo memenuhi syarat menjadi calon perwira dari matra angkatan darat.

“Yang jelas kami berusaha proporsional dan menggunakan metode ilmiah karena kami tidak ingin asal-asalan dengan perasaan,” ujarnya.

Mantan Pangkostrad itu menyatakan bakal terus memantau Enzo selama proses pendidikan empat tahun nanti. Meski sudah menjadi taruna Akmil, Enzo statusnya masih sebagai calon perwira dan belum dipastikan bakal lulus.

“Penilaian terhadap calon perwira ada masa tahap pendidikan maka selama 4 tahun itu pula penilaian berlaku. Tidak semuanya berhasil,” katanya.