Home Kesehatan Tips Rawat Mata Minus Agar Tidak Makin Parah

Tips Rawat Mata Minus Agar Tidak Makin Parah

227
Ilustrasi kacamata untuk penderita mata minus. Sumber www.twitter.com

Majalahayah.com, Jakarta – Mata minus pada umumnya adalah karena kita terlalu banyak berkegiatan ditempat dengan jarak pandang yang tidak terlalu jauh. Seperti membaca buku di ruang yang sempit dan kurang pencahayaan. Atau memantau dunia maya di gadget dengan durasi yang lama.

Hal ini menyebabkan otot mata yang mengatur fokus mata lama-kelamaan terbiasa dengan kondisi seperti itu. Sedangkan jika melihat degan kondisi yang jauh mata tidak lagi mampu berfokus dengan baik. Berikut adalah kiat merawat mata minus anda agar tidak semakin parah bahkan bisa menyembuhkan penyakit mata minus anda.

  1. Lepas kacamata saat kurang diperlukan.
    J
    ika Anda masih bisa melihat dalam jarak-jarak tertentu, lebih baik lepas kacamata anda agar mata tidak dimanjakan alat seperti kacamata atau softlens.
  2. Latih mata melihat objek yang jauh tanpa kacamata.
    Sebagai contoh, dapat pergi ke sawah atau pegunungan karena tempat-tempat seperti itu memiliki sudut pandang yang jauh dan luas.
  3. Terapi daun sirih.
    Daun sirih dapat membantu menyembuhkan mata minus dengan alami. Caranya, bersihkan daun sirih dan tempelkan di kelopak mata saat tidur.
  4. Batasi Penggunaan komputer.
    Saat sedang asik memantau Layar laptop atau komputer, kita cenderung lupa bahwa kita melihat dengan mata yang minus. Jika anda memang bekerja yang mengharuskan anda standby didepan layar monitor, usahakanlah setiap 30menit sekali mata melihat keluar layar Monitor.
  5. Terapi lilin.
    Terapi lilin juga dapat dilakukan untuk merawat mata minus. Caranya mudah, nyalakan lilin tersebut dan tatap lilin tersebut tanpa banyak kedip. Usahakan jangan terlalu sering berkedip sampai banyak air mata yang keluar.

Cara-cara di atas dapat anda praktik kan guna merawat mata minus anda agar tidak semakin parah. Jika cara-cara diatas dapat anda lakukan rutin, maka akan mampu mengurangi hingga menyembuhkan mata minus anda.