Ilustrasi masa ibu hamil. Sumber www.pinterest.com

Majalahayah.com, Jakarta – Semua suami pasti merasa bahagia ketika mendengar kabar bahwa istrinya hamil. Akan tetapi, kebahagiaan itu biasanya akan dibumbui dengan intrik yang terjadi karena perubahan emosi yang dialami sang istri. Tapi sebagai suami, itu sangat wajar terjadi dan tidak perlu dipermasalahkan.

Sama-sama menjadi calon orangtua, tentunya semua harus kompak mendukung kelancaran kehamilan sampai dengan proses persalinan. Suami pun harus tahu bagaimana cara memperlakukan istri yang sedang hamil.

Pasti ada tantangan tersendiri, terutama bagi suami yang baru pertama kali mendampingi istrinya yang sedang hamil. Berikut tips memperlakukan istri yang sedang hamil dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Rajin mencari tahu

Bukan hanya istri saja yang harus menambah pengetahuan soal kehamilan, suami pun harus sama-sama belajar. Meskipun tidak mengalami secara langsung, suami menjadi orang terdekat yang pastinya akan selalu melihat dan menangani berbagai kondisi istri selama hamil. Cobalah untuk lebih memahaminya secara fisik dan emosional. Dengan begitu, pasangan pasti akan lebih merasa nyaman.

2. Kesabaran ekstra

Jika dijalani dengan rasa senang dan suka rela, tentunya melayani istri yang sedang hamil tidak akan menjadi beban bagi suami. Untuk itu, cara memperlakukan istri yang sedang hamil berikutnya adalah menjadi orang yang paling sabar di rumah. Sebab, selama masa kehamilan akan terjadi banyak perubahan pada istri, terutama perubahan secara hormonal.

Kondisi ini membuat suasana hati istri menjadi mudah berubah, sering mengalami morning sickness dan badan yang terasa pegal-pegal dan lemas.

Menjadi Penghibur Istri

Tak dipungkiri masa kehamilan juga bisa menimbulkan stres pada wanita. Hal ini diakibatkan oleh tekanan secara fisik dan mental. Badan bisa terasa sakit dan nyeri, tapi mau tidak mau itu harus ditanggung sampai dengan si kecil terlahir nanti.

Oleh karena itu, suami harus selalu menjadi penghibur untuk mengurangi stres istri. Bantulah istri agar pikirannya tetap santai. Para suami juga harus tahu bahwa stres dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan janin.

Memberi dukungan dan sugesti positif untuk istri

Saat menjelang masa persalinan, wanita biasanya akan mulai merasa cemas dan takut menghadapi proses itu. Ini bisa terjadi karena mungkin banyak orang yang telah menceritakan tentang proses melahirkan.

Di sini peran suami adalah memberi dukungan dan sugesti positif untuk memberikan kekuatan kepada sang istri. Bicarakan hal-hal yang baik dengan penuh kasih sayang. Yakinkan dia bahwa papa dan mama akan hidup lebih bahagia setelah si kecil terlahir nanti.

Rutin mendampingi istri ke Dokter

Bagi para suami, mendampingi sang istri untuk memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter menjadi hal yang sangat penting. Papa harus tahu sampai mana perkembangan janin dan bagaimana kondisi kesehatan istri. Dengan begitu, Papa akan lebih waspada dan mengetahui kondisi istri. Ditambah lagi, sang istri pasti akan merasa senang karena Papa selalu ada di sampingnya.

6. Memanjakan istri dengan bersikap lembut

Terdengar sepele, namun hal ini sangat penting diketahui para suami. Sesekali datangi istri yang sedang beristirahat, lalu hadiahi dengan pijatan untuk mengurangi rasa nyeri atau pegal-pegal. Selain itu, bersikaplah lembut saat membantunya melakukan apapun supaya istri tetap merasa nyaman dan merasa mendapat dukungan penuh.

Begitulah cara memperlakukan istri yang sedang hamil bagi para suami. Jika ini adalah pengalaman pertama, maka jadikanlah pelajaran berharga untuk di masa mendatang. Saat dikaruniai anak kedua, maka semua sudah lebih siap.