Majalahayah.com, Jakarta – Wabah corona membuat sejumlah perusahaan menerapkan ‘work from home’ atau bekerja di rumah. Dengan kebijakan ini, diharap mampu menghentikan penyebaran corona.

Saat bekerja di rumah, Sobat bisa bekerja sambil duduk santai di kursi, sofa, atau kasur. Posisi yang yang dilakukan pun bisa berbeda-beda. Bahkan, bisa jadi posisi tersebit tidak aman untuk otot dan tilang. Terlebih, jika Sobat duduk dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Dilansir dari Metro, Mind and Body Coach, Dean Coulson mengatakan, duduk di posisi yang sama terlalu lama bisa meningkatkan resiko obesitas. Bahkan, itu bisa mempengaruhi seluruh kondisi tubuh.

“Duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, penurunan fungsi kognitif, dan seluruh kondisi lainnya yang dapat mempengaruhi seluruh tubuh seiring berjalannya waktu,” ujar mind and body coach, Dean Coulson, melansir dari Metro.

Agar performa kerja tak terganggu, berikut beberapa tips dari Coulson.

  1. Peregangan leher

Peregangan ini berguna untuk melemaskan otot leher. Leher biasanya tegang karena terus menatap layar monitor ditambah lagi posisi duduk yang berubah-ubah.

Duduk di tepi kursi, lalu tarik bahu ke bawah dan ke belakang. Gunakan tangan kiri untuk menarik kepala ke sisi kiri dan tahan 30 detik. Ulangi bergantian masing-masing tiga kali.

  1. Peregangan overhead

Luruskan punggung, lalu angkat kedua tangan ke atas kepala. Kaitkan jari-jari dan dorong jauh-jauh ke atas. Tahan posisi ini selama 20-30 detik.

  1. Memutar pinggang

Tetap dalam posisi duduk, dekatkan kedua lutut. Tempatkan tangan kiri di paha kanan dan tangan kanan di paha kiri. Putar tubuh bagian atas ke kanan hingga Anda bisa melihat ke belakang. Tahan beberapa detik dan lepaskan, ulangi pada sisi kiri. Ini menjaga tulang punggung tetap fleksibel.

  1. Peregangan kucing atau unta

Ini bermanfaat untuk bagian tengah tulang punggung dan membantu meningkatkan kelenturan punggung. Ambil posisi seperti merangkak, kedua tangan dan dengkul menapak lantai.

Angkat punggung hingga membentuk busur seperti kucing. Sebaliknya, turunkan punggung seperti membentuk punggung unta.

  1. Peregangan pergelangan tangan

Mengetik selama berjam-jam akan membuat pergelangan tangan terasa pegal atau tidak nyaman. Sembari berdiri, tempatkan pergelangan tangan pada meja. Berikan sedikit tekanan hingga terasa ada peregangan. Tahan selama beberapa detik.

Setelah peregangan, gerakkan pergelangan tangan secara melingkar. Lakukan beberapa putaran.

Area lampiran