Tips Mudik Lebaran Nyaman Anak Ala KPAI

Tips Mudik Lebaran Nyaman Anak Ala KPAI

129
SHARE
Foto : Salah satu wahan bermain anak dalam acara 6th Anniversarry YRFI Bogor. Sumber: Dok. YRFI Bogor

Majalahayah.com, Jakarta – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) berikan tips agar perjalanan mudik dapat dipastikan nyaman dan aman bagi masyarakat terutama anak.

Susanto, selaku Ketua KPAI sampaikan bahwa orang tua wajib memastikan anak merasakan aman dan nyaman selama perjalanan. Tak hanya itu, saat dalam perjalanan pastikan orang tua secara kreatif menceritakan keunggulan atau sejarah khas, daerah-daerah yang dilewati saat mudik agar anak mendapatkan khasanah edukasi.

Baca juga :   H-1, Jasa Marga Prediksi Sekitar 82.000 Kendaraan Pemudik Akan Lewati Tol Cikarang

“Pastikan anak tidak main gadget secara berlebihan, agar tak menimbulkan dampak negatif termasuk gelisah atau melawan jika anak dipisahkan dari gadgetnya,” ujar Susanto melalui via WhatsApp (11/06/2018).

Selanjutnya, pastikan anak mengkonsumsi makanan minuman sehat serta diberikan vitamin agar kesehatannya tetap terjaga. Dan Susanto menegaskan agar anak dapat beristirahat cukup agar tidak kelelahan.

“Jika anak terlihat lelah saat perjalanan, bisa memanfaatkan rest area untuk istirahat dan mendapatkan suasana baru,” tambahnya.

Baca juga :   Minta Prabowo Tahan Diri, Pengamat Politik : Pasangan Gatot-Anies Lebih Takutkan Kubu Jokowi

Dalam menuju kota tujuan, KPAI himbau agar keluarga dapat mengajak anak agar tetap berinteraksi atau dapat dengan cara menunjukan pemandangan yang menarik untuk anak.

“Jika anak mulai terlihat tidak nyaman, alihkan fokus ke hal-hal positif dan menghibur dan saat anak menangis, hindari memarahi apalagi “mengadili” anak, buat senyaman mungkin,” tukas Susanto.