Majalahayah.com, Jakarta – Anak pintar membaca Al-Qur’an tentu menjadi impian setiap orangtua. Namun tak sedikit dari sobat ayah yang mengalami kesulitan dalam membimbing si kecil dalam proses belajar.

Jika kamu salah satunya, Mohammad Irsyad, M.Pd.I, pakar parenting Islami, mengajarkan Alquran kepada anak-anak itu hal yang sangat penting. Karena, Alquran berisi pedoman dan panduan bagi manusia dalam menjalani kehidupan.

Irsyad juga menjelaskan, cara paling sederhana mengajarkan anak membaca Al Qur’an adalah membiasakan membaca ayat suci Alquran menjelang tidurnya.

“Karena pada saat ini, anak dalam kondisi rileks, sehingga mampu menyerap informasi lebih banyak dan maksimal,” kata Irsyad, dalam buku 105 Inspirasi Nabi dalam Mendidik Anak.

Menurutnya, saat orang tua membacakan Alquran menjelang tidur, otak anak akan tetap mengolah informasinya ketika tidur, sehingga akan tersimpan dalam pikiran bawah sadarnya.

“Semakin banyak informasi yang diingat, maka anak tidak akan asing dengan kata-kata atau ayat yang ada pada Alquran,” tuturnya.

Metode pengajaran ini, kata Irsyad, juga bisa dipraktikkan saat anak masih dalam kandungan. Karena sejak kandungan berusia 5 bulan, indra pendengaran anak sudah berfungsi.

“Telah banyak yang membuktikan metode yang kelihatannya sederhana, tapi memiliki efek yang dahsyat,” kata Irsyad.

Ketika anak sudah mulai belajar membaca, Bunda juga bisa mengajarkan anak mengenal dan mempelajari huruf-huruf yang ada dalam Bahasa Arab.

“Jangan lupa senantiasa mendoakannya agar diberi kemudahan dalam belajar membaca Alquran,” imbuh Irsyad.

Terkait mendidik anak dalam mempelajari Alquran, dijelaskan Ustaz Abdul Somad (UAS), baiknya memang dikenalkan sejak dalam kandungan. Ia pun mengatakan, perempuan salehah akan membacakan ayat Alquran sejak anaknya masih dalam kandungan.

“Mendidik anak itu sejak mencarikan calon ibunya. Karena bibit yang baik ditanam di tanah yang subur, akan tumbuh bunga-bunga cantik dan indah, harum semerbak,” jelas UAS, dikutip dari tayangan Kiat Mendidik Anak di YouTube channel Bujang Hijrah.

UAS menegaskan, kalau bibit itu ditanam di tanah yang tandus, akan tumbuh pohon kaktus yang tidak indah dipandang, dicium tidak harum, durinya pun menusuk hidung.

“Oleh sebab itu carilah perempuan yang salehah. Kalau istri yang salehah, dia hamil, saat memasak sambil membaca ayat Alquran,” ucapnya.