Majalahayah.com – Model dan harga kerap dijadikan pertimbangan banyak orang mencari sepeda yang cocok. Padahal, model yang tepat belum tentu sesuai dengan kebutuhan bersepeda Sobat. Ada beberapa tips memilih sepeda yang bisa Sobat jadikan pertimbangan.

Sepeda jadi salah satu hobi bagi banyak kaum urban. Tak hanya digunakan untuk berolahraga, sepeda juga diperlakukan layaknya transportasi seperti mobil atau motor untuk bepergian.
Selama masa pandemi Covid-19 ini, tren bersepeda tampaknya meningkat. Bersepeda dirasa menjadi solusi yang tepat bagi masyarakat yang ingin beraktivitas di masa karantina mandiri.
Tak hanya menyehatkan tubuh, bersepeda juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara melepas penat. Namun, Sobat perlu berhati-hati saat menentukan pertimbangan memilih sepeda lho. Model yang menggemaskan dan harga selangit belum tentu sesuai dengan kebutuhan Sobat.
“Nyari sepeda itu yang nyaman aja sesuai kebutuhan. Cari juga yang ukurannya body fit,” ujar salah seorang bike enthusiast, Teguh mengutip dari CNNIndonesia, Ahad (14/6/2020).
Agus terbiasa menggunakan sepeda dalam berbagai aktivitas hariannya, mulai dari pergi ke kantor, kongko di kafe, dan lain-lain.
Agar tak kecewa kemudian, berikut tips dasar memilih sepeda yang bisa Anda ikuti mengutip situs Bicycling dan Rei.
Sesuaikan sepeda dengan kebutuhan atau kontur jalan
Ada berbagai jenis sepeda di pasaran. Beda jenis sepeda, beda pula kegunaannya.
Sepeda yang tepat tergantung pada di mana Anda akan bersepeda. Jangan sampai Anda memilih jenis sepeda gunung untuk digunakan mengelilingi jalanan aspal perkotaan.
Secara umum, ada beberapa jenis sepeda yang tersedia di pasaran, sebagai berikut mengutip situs The National Bicycle Dealer Association.

Mountain bike.

Sepeda yang dirancang untuk penggunaan di jalanan tanah dan berbatu serta jalur-jalur curam di pegunungan. Sepeda umumnya hadir dengan kerangka yang lebih kuat dan tahan goncangan.

Road bike

Sepeda yang dirancang untuk penggunaan di jalanan-jalanan perkotaan dan dirancang untuk berfokus pada kecepatan. Sepeda jenis ini umumnya hadir dengan bentuk setang yang melengkung ke bawah dan menempatkan pengendara dalam posisi aerodinamis.

Hybrid bike

Sepeda ini berada di antara road bike dan mountain bike. Tak bisa secepat road bike, juga tak tahan goncangan seperti mountain bike. Sepeda ini cocok bagi Anda yang ingin bersepeda hanya untuk alasan kebugaran.
Bagi Anda yang ingin bersepeda mengelilingi jalan-jalan perkotaan, pilih lah jenis road bike, fixie, dan lain-lain yang bisa digunakan untuk jalan-jalan santai. Sementara bagi Anda yang ingin bersepeda di jalur yang lebih menantang, pilih lah jenis sepeda gunung.

Perhatikan ukuran sepeda

Ukuran frame menjadi salah satu pertimbangan penting dalam memilih sepeda. Sebagian besar produsen sepeda memiliki grafik ukuran yang mencantumkan ukuran frameĀ  berdasarkan tinggi badan pengendara.
Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan standover dan jarak dari kursi ke setang.
Perlu diketahui juga, kursi yang berada jauh di bawah setang akan membuat perjalanan terasa lebih nyaman. Sementara kursi yang sejajar dengan setang membuat Anda bisa memberikan lebih banyak tenaga untuk mengayuh pedal.