Majalahayah.com, Jakarta – Banyaknya jendela, bisa menjadi sumber pencahayaan di rumah ya Sobat. Namun, tak seluruh ruangan bisa di pasanh jendela. Sehingga, cahaya mataharipun tidak dapat memasuki ruangan tersebut.

Selain itu, ruangan tanpa jendela cenderung lebih kusam dan gelap. Sebaliknya, jika memiliki pencahayaan yang baik, ruangan terasa lebih bersih, hangat dan nyaman.

Mendekorasi ruangan tanpa jendela menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Kurangnya cahaya pada suatu ruangan tak hanya membuat gelap, tetapi juga sesak.

Nah, ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar ruangan tetap terlihat terang. Berikut tips membuat ruangan jadi lebih terang meski tanpa jendela.

Pilih Warna Cat Terang

Pilih warna dinding yang akan memantulkan cahaya di sekitar ruang, bukan menyerapnya. Bisa juga memanfaatkan ruang dinding dan berkreasi dengan wallpaper.

Pastikan warna pada dinding tidak terlalu tua. Warna gelap yang diterapkan pada semua dinding pada suatu ruangan akan membuatnya terasa lebih sempit, terutama untuk ruangan yang tak berjendela.

Ruangan tersebut akan terlihat gelap dan sesak, sulit untuk dihuni karena tingkat kenyamanan pun akan menurun. Untuk itu, disarankan untuk memilih warna-warna terang atau netral seperti putih, putih pucat, krem, abu-abu muda, atau warna pastel cerah lainnya. Ruangan di rumah akan terlihat lebih luas, terang, dan juga bersih.

Lantai dapat membawa dampak besar pada keseluruhan nuansa ruangan. Jika lantai kamar tidur menggunakan lantai kayu, akan membuat ruangan jauh lebih gelap dan terasa sempit. Bisa menggunakan karpet warna terang untuk membuat ruangan berkesan lebih cerah.

Tambahkan Lampu Lebih Banyak

Langkah selanjutnya adalah meningkatkan pencahayaan di dalam ruangan. Jika sedang mendekorasi ulang atau membangun rumah baru, konsultasikan dengan arsitek atau kontraktor tentang memasang tambahan lampu, terutama di ruang gelap seperti ruang bawah tanah.

Sobat Ayah juga bisa menambahkan lampu hias di area tempat duduk sehingga terasa sama terang seperti ruangan di lantai utama. Lampu yang menggantung akan membuat ruanga jauh lebih cerah dan menampilkan kesan mewah.

Coba pilih yang modelnya bergelantung seperti chandelier. Supaya lebih terang, tempatkan tidak hanya satu tapi dua hingga tiga lampu. Kamu bisa memilih desain lampu sesuai dengan tema ruangan, baik itu ruangan dengan klasik atau modern.