Majalahayah.com, Jakarta – Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) membuat sikap tegas atas insiden tewasnya suporter The Jakmania. BOPI meminta PSSI dan operator penyelenggara kompetisi PT Liga Indonesia Baru dapat bersikap tegas atas terjadinya kasus tersebut.

“Sejauh dari apa yang bisa BOPI lakukan, kami tetap memberikan rekomendasi kepada PT LIB untuk melakukan kegiatannya. Jika sampai pada tahap yang ekstrem atau tidak melakukan yang desakan kami, mekanisme bisa saja menghentikan sementara liga sepakbola Indonesia,” katanya.

BOPI meminta, PSSI bersama PT LIB segera membuat kebijakan melalui Komisi Disiplin PSSI terkait kasus pengeroyokan yang merenggam nyawa Haringga Sirila (23) sebelum laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/09/2018).

“Apa yang dihasilkan Komdis PSSI dan federasi mempunyai efek jera ketegasan serta menjamin kejadian ini tidak lagi terjadi di masa mendatang. Kami beri waktu satu minggu ini kepada federasi membenahkan masalah ini,” tuturnya.

Sementara, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menyampaikan pihaknya belum melakukan komunikasi dengan PSSI. Kendati demikian, Kemenpora akan turun mengambil tindakan tegas karena ini sudah menjadi permasalahan di lingkup nasional.

“Kami mengapresiasi pihak kepolisian sudah menindaklanjuti para pelaku. Sampai saat ini masih jalan terus. Untuk itu kami menegaskan agar suporter tidak main-main dengan pelanggaran hukum,” ucapnya.