Calon Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, sumber: aniesbaswedan.com

Majalahayah.com, Jakarta – Anies Baswedan menanggapi terkait proyek pulau reklamasi di Teluk Jakarta, sebagai dampak dari tidak dilibatkannya partisipasi masyarakat dalam kebijakan publik. Proyek yang tengah berjalan itu kini menimbulkan kisruh dari banyak kalangan yang tak setuju. Ia berkata bahwa dirinya akan membangun Jakarta dengan melibatkan partisipasi publik.

Seperti dilansir dari tempo.co, hal yang demikian menurut Anies bisa membuat terlaksananya rencana yang ada. “Secara garis besar, program apa pun di Jakarta harus memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi rakyat, dan memberikan perlindungan kepada lingkungan”, ujarnya saat berada di Maria Convention Hall, Jakarta Timur, Minggu (30/10/2016).

Anies berkata demikian kala seorang warga yang dipanggil Mas Bro, dari Kepulauan Seribu mengadu kepadanya terkait reklamasi. Mas Bro merasa tak mampu berbuat banyak dengan adanya pengerukan pasir di wilayahnya akibat proyek reklamasi Teluk Jakarta. Dengan adanya aduan itu, bagi Anies menunjukkan betapa masyarakat tidak diindahkan dalam pelaksanaan pembangunan dan hanya dibiarkan menjadi penonton menyaksikan jalannya pengerukan.

Dari pengalaman tersebut, Anis berkata akan menjadikannya contoh untuk sebuah jawaban yang akan dilakukannya saat membangun ibu kota, ketika terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta yang baru nanti. Namun dirinya yang juga mantan Mendikbud ini, tetap akan melihat terlebih dahulu hasil kajian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.