Terkait Kematian La Gode, KontraS: Panglima Baru Harus Kembalikan Wajah Akuntabilitas TNI

Terkait Kematian La Gode, KontraS: Panglima Baru Harus Kembalikan Wajah Akuntabilitas TNI

36
SHARE
Panglima TNI, Gatot Nurmantyo mengantar Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto. (Foto: MA/Rizky Kusumo)

Majalahayah.com, Jakarta – Komisi Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) menilai Panglima TNI yang baru harus mengembalikan kredibilitas masyarakat terhadap korpsnya, salah satunya terkait penanganan kasus hukum secara transparan dan akuntabel.

“Untuk kasus kematian La Gode kemarin, panglima yang baru ini harus bisa mengembalikan wajah akuntabilitas TNI dengan menerapkan hukum yang transparan dan akuntabel caranya melalui revisi UU Peradilan Militer yang sampai sekarang belum jalan,” jelas papar M. Ananto Setiawan selalu Staf Biro Riset KontraS, di kantor KontraS Jln Kramat, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Baca juga :   Rumah Natura Tempat Rehabilitasi Pecandu Narkoba

Tapi Ananto sendiri melihat selama ini peradilan militer sangat tertutup dan akses masyarakat sipil kepada hak tersebut sangat sulit, terutama untuk mengukur transparasi dan akuntabilitas sangat sulit.

“Kemungkinan dalam kasus La Gode ini juga akan menjadi hambatan dalam upaya pengungkapan tindak kejahatan yang dilakukan oleh anggota TNI,” jelasnya.

Sementara itu, terkait tugas yang secepatnya harus dilakukan Panglima TNI baru adalah pengungkapan kasus orang hilang. Bagi KontraS, ini akan membuktikan komitmen Panglima TNI atas isu-isu kemanusiaan.

Baca juga :   Lagi ! Setelah Videotron ‘Bokep’, Gantian Situs Anggota Dewan Sidoarjo Pajang Video Hot

“Yang pertama soal kasus orang hilang diamana. Kita sempat ngajuin permintaan dokumen seorang mantan perwira dan tidak dikasih sampe sekarang kalau memang tni ingin berkomitem untuk pengkapan pelangharan HAM masa lalu bisa dibuka Panglima TNI yang baru,” pungkasnya.