Home Kabar Terjadi Maladministrasi, Ombudsman RI : Salinan Data CPNS Dapat Diubah

Terjadi Maladministrasi, Ombudsman RI : Salinan Data CPNS Dapat Diubah

123

Majalahayah.com, Jakarta – Ombudsman Republik Indonesia (RI) menemukan banyak permasalahanan yang berpotensi Maladministrasi selama pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2018. Terdapat 1054 laporan, namun sebagian besar belum memperoleh penyelesaiannya.

Salah satunya, terdapat penyimpangan data di Muna, Sulawesi Tenggara. Hal ini terjadi karena tidak ada pengawasan saat salinan data yang dilimpahkan langsung oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara) ke setiap daerah atau instansi.

“Yang bertandatangan di pengumuman kelulusan bukan BKN, tetapi penjabat di setiap daerah. Namun, salinan data panselnas itu bisa diubah oleh pejabat yang ingin menyalah gunakan kekuasaan atau wewenangnya di daerah dan itu yang harus dikawal sekarang”, kata Laode saat ditemui di Gedung Ombudsman, Jakarta, Senin, (03/12/2018).

Pengawalan selanjutnya adalah Seleksi Kompetesi Bidang (SKB) yang harus terukur, menurut Laode misalnya tahap wawancara sebaiknya dihindari. Sebab wawancara akan berpotensi memunculkan subjektivitas karena dengan begitu kompetesi bidang tidak ada gunanya.

“Kebiasaan disetiap instansi atau daerah selama ini sebetulnya pada saat seleksi penetapan wawancara merekalah yang bermain. Saya kira ini harus dipastikan terukur”, tuturnya.