Ilustrasi seorang wanita. Sumber ruangmuslimah.co

Majalahayah.com, Jakarta– Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan kata amal jariah bukan? Jika amal jariah memiliki arti amal yang pahalanya akan terus mengalir, meskipun kita telah meninggal dunia, begitu juga dengan dosa jariah. Karena itulah, semasa hidupnya  muslimah harus sadar akan pentingnya mengumpulkan amal jariah agar mendapat pahala dan menghindari dosa jariah.

Perbuatan manusia, mau sekecil apapun bentuknya pasti akan dihisab dan diperhitungkan kelak di akhirat. Ketika seseorang melakukan perbuatan baik serta beramal ikhlas atas nama Allah kemudian hal itu membawa kemaslahatan bagi banyak orang, maka amalan tersebut menjadi amal jariah untuknya.

Begitu pula dengan dosa jariah, jika seseorang melakukan perbuatan buruk dan diikuti oleh banyak orang serta merugikan orang lain, maka dosanya akan mengalir pada dirinya sampai hari kiamat.

Sebagai dasar mengenai hal ini, di riwayatkan Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ: مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Apabila manusia meninggal, amalnya akan terputus, kecuali 3 hal: ‘Sedekah Jariyah, Ilmu yang bermanfaat, dan anak soleh yang mendoakannya.’ (HR. Nasa’i, Turmudzi, dan yang lainnya. Hadis ini dishahihkan Al-Albani).

Tanpa Disadari

Salah satu dosa yang kerap dilakukan wanita tanpa disadari yakni memamerkan aurat mereka di media sosial. Hal ini bisa menjadi dosa jariah bagi dirinya. Mengapa demikian?

Kalau diperhatikan jaman sekarang ini wanita berlomba-lomba untuk mengunggah foto dirinya yang terbaik, banyak dari mereka yang memamerkan bentuk tubuhnya dengan pakaian minim. Apalagi saat ini semakin banyak aplikasi foto canggih dengan filter yang mendukung para wanita untuk terlihat lebih cantik.

Foto wanita yang telah dipublikasikan itulah mengundang banyak mata laki-laki yang bukan mahram, semakin banyak yang melihat maka semakin banyak pula dosa yang dibebankan kepadanya. Astaghfirullah.

Ketika semakin banyak pandangan yang tergiur denganmu, semakin banyak lelaki yang menghayalkanmu, semakin besar hasratnya kepadamu, maka semakin bertumpuk pula dosa-dosamu”- Ustadz Yahya Badrusalam.

Semoga kita semua, terutama para wanita dapat menghindari hal ini secara perlahan dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya. Aamiin.