Bupati Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sukamta. (Istimewa)

Majalahayah.com, Jakarta – Wabah virus Corona atau covid-19 banyak sekali menuai dampak. Salah satunya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Sebagai seorang pemimpin, Bupati Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sukamta akhirnya menumbangkan seluruh gajinya untuk menyelamatkan warga.

Menurut Sukamta, dikutip dari kompas, bahwa dirinya merasa tidak layak menikmati gaji sementara banyak warganya yang menderita akibat wabah Covid-19.

“Sebagai pemimpin, saya merasa tidak layak menikmati gaji di tengah kesulitan rakyat. Maka dari itu saya sumbangkan untuk penanggulangan Covid-19,” ujar Sukamta, Selasa (7/4/2020).

Sukamta juga mengatakan bahwa ia akan menyumbangkan gajinya sampai kondisi kabupaten yang dipimpinnya terbebas dari Covid-19.

“Gaji akan saya sumbangkan sampai situasi Kabupaten Tanah Laut benar benar aman dari wabah Corona,” ucapnya.

Bukan hanya itu, Sukamta juga mengimbau kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan atas untuk mengikuti jejaknya menyumbangkan gaji untuk membantu penanggulangan Covid 19.

“Inisiatif menyumbangkan gaji memang inisiatif saya sendiri. Untuk kepala SKPD dan ASN secara lisan saya mengimbau tetapi tidak mewajibkan, tapi kami langsung memberi contoh,” tambahnya.

Dikatakan Sukamta, untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Tanah Laut, ia sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 35 Miliar.

Dana itu sudah termasuk untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat yang terdampak setelah didata terlebih dahulu.

“Rencananya digunakan di antaranya untuk BLT bagi warga miskin, lansia, penyandang difabel, PKL, tukang ojek, tukang bangunan, pedagang kecil, buruh harian yg dirumahkan,” katanya.

“Semoga mata rantai penularan bisa kita putus dan kehidupan masyarakat berjalan normal kembali,” ujarnya.