Majalahayah.com, Jakarta – Pasangan Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ullum bersaing ketat dengan pasangan Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi untuk mendapat suara tertinggi di Pilkada Jawa Barat 2018. Hal ini bedasarkan survei dari lembaga Cyrus network yang melakukan pemetaan jelang Pilkada Jabar 2018.

Bedasarkan survei tersebut kedua pasangan tersebut bersaing secara ketat dengan selisih 5 persen. Unggul jauh dari dua pasangan lain yang hanya memperoleh dukungan di bawah 5 persen.

“Pasangan RK – Uu mendapatkan 45,5 % suara voters dan Demiz – Demul mendapatkan angka elektabilitas 40,9%. Sementara pasangan Sudrajat-Syaikhu dan TB Hasanuddin – Anton masing-masing mendapat dukungan 5% dan 2,5 persen,” jelas Managing Director Eko Dafid Afianto, di Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (5/2/2018).

Menurut Eko tingginya suara terhadap RK ini karena Walikota Bandung tersebut sering mendapat sorotan media. Bahkan RK selama ini sudah menjadi media darling para niziten.

“RK selalu menjadi media darling hampir bahkan di pilkada DKI dia muncul. Penantang terkuat petahana,” ucapnya.

Sementara itu Demiz – Demul berpeluang untuk menjadi kompetitor karena saling melengkapi satu sama lain. Selain itu adanya sosok Demiz yang merupakan petahana pun mempunyai dampak positif.

“Sedangkan pasangan Demiz – Demul ternyata saling memberikan nilai tambah yang signifikan sehingga ketika berpasangan, sosok Demiz bisa mengambil sisi religius sementara Demul bisa ambil sisi nasionalis,” paparnya.

Sementara itu pasangan lain diperkirakan akan mencapai angka elektabilitas dua digit jika mesin politik masing-masing partai berjalan. Terutama untuk menggerogoti suara pasangan RK – Uu dan Demiz – Demul.

“Tantangan bagi RK – Uu dan Demiz – Demul untuk menjaga suara mereka agar tidak digerogoti oleh dua pasangan calon dengan suara terkecil sementara ini,” pungkasnya.

Survei terbaru Cyrus Network yang diselenggarakan pada 16 – 22 Januari berhasil memotret beberapa temuan menarik. Survei ini memiliki sampel 1000 responden yang penarikannya bedasarkan teknik multistage random sampling. Tingkat keyakinan survei ini adalah 95% dan dengan margin of error 3,1 %.