Stres Rumah Berantakan karena Si Kecil? Kak Seto : Bersyukur Anak Kita...

Stres Rumah Berantakan karena Si Kecil? Kak Seto : Bersyukur Anak Kita Bukan Robot

103
0
SHARE

Majalahayah.com, Jakarta – Kondisi tak karuan atau berantakan yang dibuat si kecil memang bikin stres para orangtua terlebih ayah yang fokus beribadah mencari nafkah bagi keluarganya. Pikiran stres yang mampu memicu amarah tanpa sadar berdampak bagi seisi rumah terlebih anak.

Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Dr. Seto Mulyadi tegaskan stres dapat dihindari atas dasar pemikiran bahwa anak bukanlah robot. 

“Alhamdulillah bersyukur kalau anak kita itu manusia, bukan robot. Bukan sesuatu program yang kaku, mereka punya kreatifitas, rindu akan ayah dan ibunya yang sibuk,” ungkap kak Seto saat ditemui di kantor KPPPA, Jakarta Pusat.

Jika terjebak dalam kondisi tersebut, sambung Kak Seto pentingnya orangtua berpikir positif dan bertutur kata yang baik di hadapan anak. Ia contohkan jika anak mencoret-coret tembok orangtua segera berikan edukasi positif yang mudah diterima oleh sang buah hati.

“Katakan saja wah anak papah kreatif sekali, gambarnya bagus tapi lebih bagus lagi kalau gambarnya di kertas, besok kita cat kembali ya kalaubada tamu temboknya tidak kotor seperti ini,” contohnya.

Jika orangtua sudah memahami pentingnya manajemen emosi dan menegur dengan cara persahabatan, maka kak Seto pastikan rasa percaya diri anak tidak akan hilang.

“Ya itu semua emosi bisa dikelola, jadi kalo kita enggak pernah mikir kaya gitu ya kaget. Pentingnya rasa syukur dan berpikir positif” tukas kak Seto.

LEAVE A REPLY