Motor Hybrid Buatan Pemuda Asal Magetan (Foto : Deni Kusumawan)

Majalahayah.com, Magetan – Deni Kusumawan, pemuda asal Magetan, Jawa Timur, telah melakukan serangkaian uji coba terhadap inovasi motor hybrid¬† ciptaannya. Meski pernah ‘gagal’ secara teknis, motor dengan tiga pilihan tenaga tersebut kini melaju mulus tanpa kendala.

Deni diketahui merombak Honda Revo AT atau transmisi otomatis produksi 2010 agar dapat beroperasi dengan tiga sumber tenaga berbeda, yaitu gas, listrik, dan bensin.

Deni menjelaskan kemampuan motornya saat digerakkan menggunakan gas dapat dikendarai sampai 15-20 km. Terkait kecepatan, disebut sama seperti motornya saat ditenagai bensin.

“Tapi jarak tersebut tergantung juga bagaimana kita memainkan throttle-nya,” kata Deni mengutip dari CNN Indonesia, Kamis (7/1/2020).

Deni mengatakan membuat motornya bisa menenggak gas tidak perlu ubahan khusus pada mesin. Ia hanya menambah selenoid yang fungsinya sebagai alat perpindahan, dari bensin ke gas, atau sebaliknya.

Gas yang digunakan, menurut Deni merupakan gas untuk keperluan kompor portabel yang dapat dilepas-pasang bahkan isi ulang. Tabung gas diletakkan di bagian dek.

“Tapi di injektornya saya modif. Terus ada dua selenoid untuk gas dan bensin. Selenoid itu ibaratnya seperti keran elektronik. Saat aktifkan gas saya tinggal nyalain selenoid untuk gas dan matikan buat bensinnya, dan sebaliknya,” kata dia.