Majalahayah.com, Solo : Sosok ibu Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo, yang meninggal dunia, Rabu (25/3/2020) sore, dikenal baik oleh orang-orang terdekatnya. Ia dikenal sebagai sosok sederhana dan teladan bagi ibu-ibu lainnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengenal ibunda Jokowi sebagai orang yang sangat sederhana.

“Beliau adalah contoh teladan bagi seorang ibu. Begitu sederhana walaupun putranya sudah menjadi predien. Tercermin dari semua kegiatanya,” ungkapnya saat melayat di rumah duka di Sumber, Kota Solo, yang dilansir dari Solopos, Kamis (26/3/2020) pagi.

Ia mengaku memiliki banyak kenangan dengan perempuan yang akrab disapa Eyang Noto. Menurutnya, ibu Presiden Jokowi adalah guru yang hebat bagi semua orang.

“Guru yang patut ibu-ibu contoh. Ia hebat,” tegas Luhut.

Sementara itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo, yang juga melayat Kamis pagi, menjelaskan ibu Presiden Jokowi selalu mengajatkan budi pekerti kepada orang-orang yang lebih muda.

“Beliau sosok sederhana selalu membeikan wejangan yang baik kpada yang muda. Saya asih ingat betul bahwa [wejangan] ‘ketika kau ditolong seseorang kau tak boleh mengecewakan orang yang telah menolongmu’. Ajaran budi pekeri sangat baik,” ujarnya.

Ibu Presiden Jokowi yang sempat menderita kanker selama empat tahun meninggal dunia pada usia 77 tahun di RST Slamet Riyadi Kota Solo, Rabu (25/3/2020) sore. Jenazah Eyang Noto akan dimakamkan di Permakaman Mundu, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jateng, pukul 13.00 WIB.