Singgung Kedatangan AHY ke Istana, Pengamat Politik Sebut Demokrat Condong Dukung...

Singgung Kedatangan AHY ke Istana, Pengamat Politik Sebut Demokrat Condong Dukung Jokowi

293
SHARE

Majalahayah.com, Jakarta – Pengamat politik, Muhammad Qodari melihat adanya kecenderungan Partai Demokrat akan mendukung Joko Widodo dalam Pilpres 2019. Hal ini terlihat dari kedatangan Agus Harimurti Yudhoyono ke Istana Negara, bertemu dengan Jokowi, Selasa (6/3/2018) lalu.

“AHY sudah ketemu dengan Jokowi. Dari statment juga, demokrat lebih cenderung ke Jokowi. Bilang Pak Jokowi elektabilitas tinggi. AHY juga dapat titipan dari Pak SBY, mendoakan Pak Jokowi untuk melanjutkan pemerintahan. Sekarang mereka bertemu, berdua, AHY membawa map partai demokrat, entah isinya apa,” ungkap Direktur Eksekutif Indo Baromter tersebut saat ditemui di kantor ICMI, Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Baca juga :   Bertemu Megawati, Wasekjen PKB Sebut Nama Cak Imin Masuk 5 Nama Cawapres Jokowi

Walau baginya politik akan selalu dijamin dan bisa memunculkan kejutan saat akhir-akhir. Hingga sekarang dirinya melihat Demokrat lebih condong mendukung Jokowi.

“Per hari ini Demokrat punya kecenderungan ke Jokowi. Kalau politik itu dinamis. Biasanya kejutan muncul pada menit terakhir,” paparnya.

Bagi Qodari sendiri kecenderungan Demokrat mendukung Jokowi cukup realistis. Karena sulitnya memunculkan poros ketiga melihat adanya peraturan Presidensial Threshold.

Baca juga :   Pemuda Muhammadiyah Dukung KPU Larang Mantan Narapidana Koruptor Jadi Caleg

“Cukup kalau ada Demokrat PAN PKB. Gerindra cukup untuk satu partai menengah, misal PKS. Kalau Demokrat bergabung dengan PKB saja tidak cukup. Tapi Kalau tiga partai lebih sulit (akomodir) daripada dua,” pungkasnya.