Capres-Cawapres

Majalahayah.com, Jakarta – Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul telak dari segmen pemilih muslim dari pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Hasil ini didapat dari Survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang diumumkan di Jakarta, Jumat (24/8/2018).

Sejauh ini Jokowi-Ma’ruf unggul di pemilih Muslim di kategori asosiasi
dengan ormas (organisasi masyarakat), kategori pandangan agama dan polik, kategori negara ideal, kategori frekuensi praktik ibadah, dan kategori tokoh panutan.

“Jokowi-Ma’ruf unggul di semua segmen kecuali segmen ormas PA 212,” ucap peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar.

Dijelaskan, untuk kategori pandangan politik, Jokowi-Ma’ruf unggul di semua segmennya. Kategori negara ideal, Jokowi – Ma’ruf unggul di semua segmennya. Frekuensi praktik ibadah dan kategori panutan tokoh, secara mayoritas, Jokowi-Ma’ruf juga unggul.

Pada kategori pertama, tentang asosiasi pada ormas Islam. Ada banyak ormas Islam tetapi yang menjadi tiga teratas yaitu: Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan PA 212. Mereka yang menyatakan terasosiasi dengan NU sebanyak 41,3%, Muhammadiyah sebanyak 6,3%, PA 212 sebanyak 3,6%, Ormas Islam lainnya 1,4%, Tidak merasa bagian dari ormas Islam manapun sebanyak 27,0%. Warga Komunitas NU paling besar bahkan lebih dari enam kali lipat dibandingkan warga komunitas lain.

Di segmen NU, Jokowi-Ma’ruf unggul di angka 54,7%, dibanding Prabowo-Sandi di angka 27,0%. Di segmen Muhammadiyah Jokowi – Ma’ruf unggul di angka 50%, dibandingkan Prabowo-Sandi di angka 35,7%. Satu segmen yang Prabowo-Sandi unggul yaitu di segmen PA 212, Prabowo-Sandi di angka 61,1%, Jokowi-Ma’ruf 27,8%.

Dalam kategori asosiasi pada ormas, Jokowi-Ma’ruf unggul di semua segmen kecuali di segmen yang mengidentigikasi
dirinya sebagai PA 212.

Survei digelar pada 12 Agustus-19 Agustus 2018. Metode yang digunakan dalam survei adalah multistage random sampling dengan mewawancarai secara tatap muka 1.200 responden. Margin of error survei kurang lebih 2,9%.