Seberapa Penting Anak Rutin Sarapan?

Seberapa Penting Anak Rutin Sarapan?

168
0
SHARE
Anak makan (Dok : Shutterstock)

Majalahayah.com, Jakarta – Sarapan pagi dinilai penting untuk kebutuhan anak. Sebab bukan hanya fisik, tapi psikologis dan kognitif anak pun turut serta.

Meskipun membiasakan anak-anak untuk sarapan bukan hal yang mudah karena mereka kerap kali malas makan pagi karena masih belum nafsu dan mengantuk.

Meski demikian, sebagai orangtua kita harus selalu menyediakan cemilan yang bisa dimakannya secara praktis dan mudah. Terutama saat pagi hari.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Metabolik, I Gusti Lanang Sidiartha, menyatakan bahwa anak yang rutin sarapan memiliki performa akademik 4 kali lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak terbiasa sarapan.

“Efek positif dari sarapan bernutrisi pada anak berperan dalam kemampuan kognitif, tingkah laku dan prestasi di sekolah. Terutama dalam hal daya ingat dan kemampuan memperhatikan pelajaran di kelas,” tutur Lanang di konferensi pers Energen, Jakarta di kutip melalui dream.

Anak yang tidak biasa sarapan cenderung mudah mengantuk di sekolah karena rendahnya kadar gula darah. Akibatnya, semangat belajar mereka akan turun dan sulit untuk berkonsentrasi.

Selain kognitif, fisik anak yang tidak sarapan lebih lemah dibandingkan mereka yang menyantap makan pagi.

” Anak yang sarapan memiliki kadar zat besi dan vitamin D lebih tinggi. Zat besi penting untuk transport nutrisi dan oksigen. Sementara vitamin D memengaruhi kesehatan saraf dan memperlancar sirkulasi darah,” kata Raissa E. Djuanda, dokter Spesialis Gizi Klinik.

Raissa menambahkan, sarapan mampu menyumbang 20 persen dari kebutuhan energi harian. Untuk itu pastikan si kecil mengonsumsi menu sarapan bergizi seimbang sebelum pergi beraktivitas.

LEAVE A REPLY