Seberapa Besar Risiko Genetik Melahirkan Anak Autisme?

Seberapa Besar Risiko Genetik Melahirkan Anak Autisme?

68
SHARE
Ilustrasi Anak Autisme. (Foto: iStockphoto)

Majalahayah.com, Setiap wanita hamil pasti berkeinginan melahirkan anak dengan kondisi baik seperti bayi pada umumnya, namun siapa sangka bahwa setiap wanita juga memiliki potensi melahirkan anak autis.

Beberapa study mengatakan bahwa kemunculan autisme berasal dari gen orangtua, meski begitu bisa dilihat dari seberapa besar kemungkinan munculnya autisme.

Lalu, bagaimana mengetahui besar kemungkinan itu?

Penelitian yang diterbitkan dalam JAMA mengungkapkan bahwa mereka menemukan secara akurat bahwa 83% pengaruh gen memegang peran penting memunculkan autisme.

Baca juga :   Tekait Swedia, Ibrahimovic: Setelah Saya Pergi Tidak Ada yang Diharapkan dari Mereka

Dalam penelitian yang dipimpin oleh Sven Sandin, Profesor psikiater Icahn School of Medicine, dilansir dari Vemale menganalisi data anak-anak yang lahir di Swedia antara 1982 hingga 2016 yang mengalami autisme. tak hanya itu, peneliti juga membandingkan dengan saudara kandung mereka.

83% autisme disebabkan secara genetik, sedangkan faktor lingkungan hanya mempengaruhi sekitar 17% saja untuk risiko autisme. Kendati demikian, peneliti juga menemukan bahwa tidak semua saudara kandung punya risiko yang sama.

Baca juga :   Bukan Sembarang Lelaki

Peneliti tersebut juga menemukan bahwa kemungkinan autisme punya semacam pola. Jika anak pertama autisme, anak kedua bisa jadi tidak autisme atau punya kemungkinan kecil mengalami autisme, dan jika ibu akan melahirkan anak ketiga, kemungkinan ia akan lahir autisme cukup besar.

Diakhir penelitian Sven, dirinya tidak menemukan wanita dengan gen seperti apa yang berpotensi melahirkan bayu autis. Tapi setidaknya diketahui bahwa risiko melahirkan autisme ternyata lebih besar dari gen daripada dari lingkungan.