Sambut MotoGP 2021, Berikut Sederet Infrastruktur yang Dibangun di NTB

Sambut MotoGP 2021, Berikut Sederet Infrastruktur yang Dibangun di NTB

34
SHARE

Majalahayah.com, Jakarta – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) berencana membangun sirkuit balap motor untuk event MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwasata Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tentunya ini hal yang menarik mengingat penyelenggaraan MotoGP 2021 nantinya akan disiarkan secara langsung ke penjuru dunia dari KEK Mandalika Lombok.

Indonesia sebagai tuan rumah patut berbangga diri karena penyelenggaraan MotoGP tersebut dapat menarik turis asing untuk berkunjung ke Indonesia sekaligus memperkuat brand Indonesia sebagai destinasi wisata di kancah dunia.

Seperti dilansir dari postingan instagram Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (14/3/2019). Presiden Joko Widodo yang didampingi Menpora Imam Nahrawi, bertemu dengan Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITD) Abdulbar M Mansoer dan CEO Dorna Sports SL Carmelo Ezpeleta di Istana Bogor, Jawa Barat, terkait rencana penyelenggaraan MotoGP di Indonesia.

Baca juga :   Sekjen PDIP Sebut Menang atau Kalah dalam Hitung Cepat Merupakan Hal Biasa

Jokowi menegaskan kesiapan Indonesia menyambut penyelenggaraan MotoGP, yang akan mengambil tempat di the Mandalika, Lombok – NTB, kawasan pariwisata yang dikembangkan oleh ITDC, mulai 2021.

Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mendukung persiapan infrastruktur penyelenggaraan MotoGP, seperti misalnya akses jalan langsung dari Bandara International Lombok ke the Mandalika, perpanjangan lintasan pesawat (runway) di bandara, infrastruktur di sekitar kawasan, serta pembangunan street circuit Mandalika.

MotoGP di the Mandalika akan menjadi MotoGP pertama dan satu-satunya di dunia yang menggunakan street circuit sebagai lintasan balap. Menurut Jokowi, Carmelo menilai street circuit di the Mandalika akan menjadi salah satu sirkuit terindah bagi para pembalap karena dekat dengan pantai.

Baca juga :   Terjadi 1.985 Bencana, BNPB Tetapkan 2016 Sebagai Tahun Bencana Nasional

Dengan sirkuit yang unik dan indah ini, Indonesia akan mendapat dua manfaat. Selain olahraga, pariwisata juga akan terangkat. Brand Indonesia sebagai destinasi pariwisata di dunia akan semakin terangkat.

Dengan komitmen Pemerintah tersebut, ITDC selaku pengembang kawasan the Mandalika dan penanggungjawab pembangunan sirkuit yakin mampu berderap, bekerja sama dengan berbagai pihak, memastikan seluruh infrastruktur penunjang maupun pembangunan sirkuit dapat berjalan sesuai target dan dapat menghadirkan sirkuit internasional yang terindah di dunia.