Rusia Kirim Puluhan Ton Bantuan untuk Korban Gempa Palu

Rusia Kirim Puluhan Ton Bantuan untuk Korban Gempa Palu

18
SHARE

Majalahayah.com, Jakarta – Kapal pengirim bantuan korban gempa Sulawesi Tengah telah tiba di Balikpapan, kemarin. Kedutaan Besar Rusia mengatakan kapal tersebut berasal dari Moskow dengan lebih dari 24 ton bantuan bencana Palu.

Dalam laman Facebook kedubes Rusia menyatakan bantuan tersebut terdiri daei genset, tenda, dan bantuan lainnya yang dibutuhkan para korban bencana.

“Kargo berisi generator elektrik, sistem pembersih air, tenda, dan selimut. Bantuan kemanusian dilaksanakan atas perintah Presiden dan Pemerintah Rusia,” kata kedubes Rusia di Jakarta kepada Medcom, Selasa (9/10/2018).

Baca juga :   Dituding Campuri Pemilihan dan Mendukung Trump, Rusia Terbitkan UU 'Agen Asing'

Korban pasca gempa dan tsunami Palu terus bertambah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut, jumlah korban meninggal dunia hingga siang kemarin mencapai 1.948 orang.

Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho merinci, korban meninggal di Palu sebanyak 1.539 orang, Kabupaten Donggala 171 orang, Kabupaten Sigi 222 orang, Parigi Moutong 15 orang, Pasangkayu, Sulawesi Barat 1 orang.

Baca juga :   Kapolri Sebut Santoso Bukan Tokoh Utama, Masih Ada Sel Teroris di Jawa

Selain itu, BNPB juga mencatat ada 835 orang serta 74.444 orang mengungsi yang tersebar di 147 titik akibat 65.733 rumah yang rusak efek bencana.