Ribuan Serangga Serbu Masjidil Haram

Ribuan Serangga Serbu Masjidil Haram

48
SHARE
Kompleks Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi diserang ribuan ekor serangga. (Foto: The Nasional)

Majalahayah.com, Kompleks Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi diserang ribuan ekor serangga. Kawanan serangga itu menempel pada dinding dan lantai di kompleks masjid suci tersebut. Bahkan ada beberapa ekor yang dilaporkan menempel pada pakaian ihram yang dipakai para jemaah.

Seperti dilansir Morocco World News dan Gulf Business, Jumat (11/1/2019), sejumlah foto dan video yang beredar luas di media sosial menunjukkan kawanan jangkrik hitam menyerbu kompleks Masjidil Haram.

Para pengguna media sosial yang memakai tagar #jangkrik dalam bahasa Arab menyatakan rasa jijik pada pemandangan tak biasa yang menunjukkan kawanan jangkrik menempel di dinding, lantai hingga pakaian para jemaah. Mereka meminta penjelasan soal pemicu serbuan serangga ini.

Menanggapi insiden itu, Emirat Provinsi Mekah mengerahkan petugas-petugas khusus untuk melakukan pembersihan. Dalam pernyataannya via Twitter, Emirat Provinsi Mekah menyatakan pihaknya mengerahkan 22 tim beranggotakan 138 orang untuk membasmi jangkrik-jangkrik itu.

“Mengutamakan keselamatan dan kenyamanan para jemaah,” demikian pernyataan Emirat Provinsi Mekah via akun Twitter resminya, @holymakkah.

Via Twitter, Emirat Provinsi Mekah merilis foto-foto saat petugas melakukan pengasapan desinfeksi pada saluran-saluran air di kompleks Masjidil Haram juga di jalanan kota Mekah.

“Kami fokus pada area-area reproduksi dan pengembangbiakan serangga-serangga, saluran air dan sumber air terbuka di sekitar halaman Masjidil Haram dan di dalam toilet yang tersebar di halaman masjid,” imbuh pernyataan Emirat Provinsi Mekah.

Baca juga :   Kemenlu Imbau WNI Tidak Kunjungi Suriah

Insiden ini mengingatkan pada badai kuat yang menyapu Mekah pada Agustus lalu, yang memicu kerusakan ringan pada tenda-tenda para jemaah dan menggeser ‘Kiswah’, selubung permadani penutup Kakbah.

Serbuan serangga tidak hanya melanda Masjidil Haram, tapi juga sampai ke rumah-rumah warga dan sekolah-sekolah di Mekah, Arab Saudi. Bahkan murid-murid di sekolah setempat terpaksa dievakuasi akibat fenomena ini.

Seperti dilansir media Uni Emirat Arab, The National, Jumat (11/1/2019), kawanan jangkrik hitam yang menyerbu Mekah termasuk Masjidil Haram telah memicu pengasapan desinfeksi besar-besaran di seluruh kota dan membuat warga lokal keheranan.

Foto dan video yang beredar di media sosial yang menunjukkan kawanan jangkrik dalam jumlah yang tidak wajar, telah memicu kekhawatiran publik. Diperkirakan ada ribuan jangkrik yang menyerbu rumah warga, sekolah juga Masjidil Haram.

Tidak diketahui sejak kapan serbuan jangkrik ini berlangsung. Namun sejumlah warga Mekah menuturkan kepada The National bahwa serangga-serangga ini mulai banyak terlihat di sekitar tempat tinggal mereka dalam beberapa hari terakhir. Kemunculan jangkrik dalam jumlah besar terpantau di beberapa kawasan Mekah.

“Dalam beberapa hari terakhir, saya mendapati jumlah jangkrik yang semakin bertambah di rumah saya dan di dekat pintu. Saya tidak biasanya melihat jangkrik-jangkrik itu di sekitar ini sesering ini,” tutur salah satu warga Mekah yang enggan disebut namanya.

Baca juga :   Eks Napi Korupsi Dilarang Jadi Caleg, Pengamat Politik : DPR Terhindar Jadi Bungker Koruptor

Sebuah video yang menunjukkan sekolah setempat dipenuhi serangga sempat viral di media sosial setempat. Bahkan dilaporkan sejumlah sekolah di wilayah Khalis, pinggiran Mekah, terpaksa mengevakuasi murid-muridnya setelah serbuan jangkrik terjadi pekan lalu.

Serbuan jangkrik di Mekah ini memicu para pengguna media sosial yang memakai tagar #jangkrik dalam bahasa Arab menyatakan rasa jijik pada pemandangan tak biasa itu. Mereka meminta penjelasan soal pemicu serbuan serangga ini. Sejumlah foto dan video yang beredar di media sosial menunjukkan kawanan jangkrik menempel di dinding, lantai hingga pada pakaian para jemaah di kompleks Masjidil Haram.

Emirat Provinsi Mekah telah mengerahkan 22 tim beranggotakan 138 petugas untuk membasmi jangkrik-jangkrik itu. Para petugas melakukan pembersihan juga pengasapan desinfeksi pada saluran-saluran air di kompleks Masjidil Haram juga di jalanan kota Mekah, yang disinyalir menjadi area reproduksi dan pembiakan serangga-serangga itu.

Seorang warga Mekah bernama Abdulwhab Soro (64) menyebut fenomena semacam ini belum pernah terjadi sebelumnya. “Saya sudah tinggal di Mekah seumur hidup saya dan saya tidak pernah melihat sesuatu seperti ini sebelumnya,” ucapnya.