Film Rentang Kisah. Sumber JPPN.com

Majalahayah.com – Melewati kejenuhan pada masa pandemi dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menonton sebuah film. Film ringan bernuansa keluarga dan religi yang satu ini dapat menjadi rekomendasi untuk tontonan waktu senggang.

‘Rentang Kisah’ adalah sebuah film yang menceritakan pengalaman penulisnya langsung saat Ia tinggal di Jerman. Film ini diadaptasi dari sebuah novel yang ditulis oleh Gita Savitri Devi pada tahun 2017.

Mengingat film ini ber-genre non-fiksi remaja, namun alur cerita ini tidak hanya menceritakan kisah kehidupan remaja, tetapi juga menceritakan mengenai peran keluarga sebagai support  utama seorang anak serta pesan realigi didalamnya dan dibumbui dengan sedikit komedi yang mencairkan suasana.

Bagai menaiki wahana histeria di Dufan, penonton akan diajak merasakan emosi naik-turun hingga film berakhir dengan pesan realigi yang menyentuh hati penonton.

Karakter utama bernama ‘Gita’  yang diperankan oleh Beby Tsabina mampu menggambarkan dan memerankan karakter Gita sebagai seorang anak yang penurut, pengertian, dan pantang menyerah dengan sangat baik.

Selain karakter utama, yang tak kalah penting adalah karakter Ayah (Donny Damara), Ibu (Cut Mini), dan adik (Ciara Brosnan) yang menjadi keluarga Gita. Penonton akan disuguhkan dengan pesan religi yang disampaikan oleh Ibu gita. Seperti saat Gita bertanya kepada Ibunya mengenai waktu paling tepat untuk berhijrah. Kemudian ibunya menjelaskan bahwa tidak ada waktu dunia yang tepat untuk berhijrah, tetapi itu dinamakan waktu rabbaniyah, waktu yang ditentukan oleh Allah melalui hati.

Tak sampai disitu penonton dibuat haru. Pada akhir cerita penonton akan dibuat lebih terharu lagi ketika Gita menemui ayahnya yang bekerja di Amerika. Ketika sudah bertemu Gita ingin menemani ayahnya bekerja dan disanalah Gita baru mengetahui bahwa selama ini ayahnya bekerja sebagai pelayan restoran. Air muka Gita pun berubah menjadi sedih dan merasa kasihan terhadap ayahnya yang sudah renta namun masih bekerja keras untuk menafkahi keluarganya. Ketika sampai di tempat tinggal ayahnya, Gita pun meminta ayahnya untuk tidak bekerja lagi dan kembali berkumpul dengan keluarganyanya.

Hal ini selaras dengan kutipan yang tersemat pada akhir cerita “Keluarga, seperti sebuah cabang di pohon, kita semua tumbuh ke arah yang berbeda, namun akar kita tetap satu.”

Film produksi Falcon Pictures ini dikemas dengan sudut pandang sinematografi yang menarik oleh Yoyok Budi Santoso, sehingga penonton disuguhkan pemandangan-pemandangan indah dari kota Berlin dan sekitarnya.

Film Rentang Kisah ini cocok ditonton bersama keluarga sambil bersantai di rumah. Bagi kalian yang ingin menonton filmnya, jangan risau! karena film ini sudah tayang di Disney Plus Hotstar pada Jumat (11/09). Selamat menikmati film bersama keluaga tercinta!