Majalahayah.com, Jakarta – Dalam mencegah penyebaran COVID-19, prmerintah menyiapkan sistem bekerja di rumah atau work from home. Cara itu di anggap ampuh dalam menghentikan penyebaran virus corona. Namun, cara ini tak menjadi solusi terbaik di tengah kekhawatiran masyarakat.

Selain itu, sistem work from home (WFH) juga masih mengalami banyak kendala. Internet bermasalah dan komunikasi yang tidak lancar sering kali menjadi penyebab utamanya.

Sebelum stress semakin buruk dan membuat suasana hati kacau, lebih baik sobat meminum seteguk teh. Teh dipercaya dapat menurunkan tingkat stress.

Berikut beberapa rekomendasi jenis teh yang bisa membantu merilekskan pikiran dan tubuh, dikutip dari Healthline

  1. Teh peppermint

Teh peppermint masuk daftar pertama dalam rekomendasi ini. Dari aromanya saja, teh ini bekerja dengan baik untuk mengurangi stres dan meredakan rasa cemas.

Mentol pada peppermint adalah relaksan alami. Saat Anda cemas dan tegang, mentol membantu Anda untuk lebih tenang dan kalem.

Teh ini bisa Anda dapatkan di pasaran dalam bentuk kemasan. Cukup satu sendok makan teh dan tuang dengan sekitar 200 mililiter air panas. Diamkan selama 3-4 menit sebelum disaring dan dinikmati.

  1. Teh chamomile

Tanaman chamomile biasa dimanfaatkan bunganya untuk dijadikan teh. Chamomile dikenal sejak lama sebagai teh pereda stres.

Melansir dari Healthline, studi pada 2016 menemukan penggunaan chamomile dalam jangka panjang mengurangi gejala generalized anxiety disorder (GAD) sedang.

Menyiapkan teh chamomile tidak sulit. Cukup rendam 3-4 sendok makan chamomile kering dengan sekitar 200 milliter air panas. Diamkan selama 5 menit.

  1. Teh hijau

Teh hijau mengandung polifenol untuk melawan stres dan cemas. Namun di satu sisi, teh ini juga mengandung kafein untuk membuat Anda tetap waspada dan tidak mengantuk.

Studi pada 2017 membuktikan partisipan yang minum teh hijau mengalami kadar stres lebih rendah daripada mereka yang hanya mengonsumsi placebo.

Teh hijau biasanya dipasarkan dalam bentuk serbuk. Rebus setengah sendok makan serbuk teh hijau dalam satu cangkir air. Rebus hingga daun teh tersisa di dasar wadah.

  1. Teh ginseng

Mungkin orang hanya menemukan ginseng pada ramuan obat herbal tradisional Korea. Namun ginseng juga hadir dalam bentuk teh.

Pada 2013, studi menunjukkan teh ginseng bisa membantu tubuh melawan efek stres. Studi lain pun membuktikan ginseng bisa mengurangi rasa lelah.

  1. Teh mawar

Mawar banyak dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik atau produk perawatan wajah. Rupanya bunga satu ini juga membantu meredakan stres dan cemas. Teh mawar bahkan bisa membantu Anda tidur nyenyak.

Anda bisa membuat teh mawar sendiri dengan memanfaatkan bunga segar atau yang sudah dikeringkan. Untuk kelopak bunga yang sudah dikeringkan, cukup direndam pada air panas.

Sedangkan jika menggunakan kelopak bunga segar, cuci terlebih dahulu lalu masukkan ke dalam air mendidih. Setelah beberapa menit, matikan api dan diamkan selama 5-10 menit hingga kelopak mawar berubah gelap.

  1. Teh lemon balm

Lemon balm (Melissa officinalis) merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga mint. Lemon balm memiliki aroma lemon lembut dip adu aroma mint, mampu meredakan stres dan membuat tubuh rileks tanpa membuat ngantuk.
Area lampiran