Psikolog : Menulis Diary, Langkah Solutif Atasi Stres

Psikolog : Menulis Diary, Langkah Solutif Atasi Stres

54
SHARE

Majalahayah.com, Depok – Buku diary kini hanya sebuah kenangan yang terabaikan, terlebih melihat pesatnya perkembangan teknologi dan pengaruh media sosial bagi setiap generasi. Tanpa disadari, menulis diary mempunyai peran penting dalam keberlangsungan hidup manusia, seperti yang disampaikan Ani Khairani sebagai Psychology Consultancy saat ditemui di Masjid Ukhuwah Islamiyah UI, Depok Jawa Barat, Rabu (10/10/2018).

Mengatakan bahwa kebiasaan menulis dinilai penting dalam kehidupan, Ani tuturkan bagi para orang tua terlebih ibu jika sedang stres tetapinya itu dengan menulis.

Baca juga :   Cegah Kanker Prostat Dengan Minum Kopi Espresso

“Karena dengan menulis syaraf yang ada ditangan akan menyambung ke otak, ini akan menstimulasi, sehingga otak sering diajak bekerja sama, ketika seseorang sedang menulis ia sekaligus berpikir,” ucapnya kepada majalahayah.com (10/10/2018).

Menulis dinilai solusi akurat mengatasi stres, sambung Ani, karena saat seseorang menulis hanya sedikit nasihat yang diberikan oleh Consultant, mereka lebih banyak mengoreksinya setelah membaca kembali keluh kesahnya melalui tulisan.

“Jadi dalam menyelesaikan masalah jangan menggunakan mulut, boleh saja, asalkan bisa dikontrol, kalau tidak lebih baik dengan cara menulis, dan sampaikan kalau sedang marah, cukup dengan kata ‘aku marah’ setelah itu emosi dalam diri silahkan tuang di buku,” tambahnya.

Baca juga :   Jangan menenggak air meski kehausan

Meluapkan rasa emosi marah dan senang, Ani katakan penting, namun harus responsif tidak reaktif.

“Manusia itu mempunyai kendali tidak seperti hewan. Kalau hewan marah dia langsung bertindak, jangan sampai kita sama dengan hewan, emosinya boleh keluar tapi caranya harus yang baik,” tutupnya.