Home Kesehatan Pola Makan Ini Bantu Turunkan Resiko Diabetes

Pola Makan Ini Bantu Turunkan Resiko Diabetes

76

Majalahayah.com, Jakarta – Diabetes merupakan penyakit yang menakutkan setelah serangan jantung dan kanker. Penyakit tersebut timbul akibat gaya hidup, terutama pola makan seseorang. Banyaknya mengonsumsi makanan yang terlalu manis menjadi salah satu penyebabnya.

Karena disebabkan oleh pola makan, maka salah satu cara untuk menghindari penyakit terdebut dengan mengubah pola makan itu sendiri. Dilansir dari Dailymail, para peneliti menganalisis lebih dari 300.000 orang dengan pola makan nabati, seperti vegetarian. Mereka yakin dengan pola makan yang dijalaninya memiliki peluang terendah untuk menderita penyakit diabetes, ketimbang dengan mereka yang hidup lebih fleksibel.

Pola makan nabati telah terbukti meningkatkat sensitivitas insulin dan mengurangi berat badan. Kedua hal tersebut tentu dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 merupakan sebuah kondisi di mana kadar gula dalam darah melebihi nilai normal. Hal itu disebabkan karena tubuh tidak memproduksi cukup insulin, atau menolak insulin.

Peneliti di Havard, sekolah kesehatan masyarakat chan, menggunakan sembilan studi yang menyekidi hubungan antara pola makan nabati dengan diabetes tipe 2 ini. Para peneliti menemukan orang-orang yang melakukan diet nabati memiliki risiko 23 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak menjalankan diet.

Dari penelitian tersebut, maka para peneliti memberikan beberapa saran. Diet sehat dan makanan nabati telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dan tekanan darah, mengurangi kenaikan berat badan, dan mengurangi peradangan sistemik, yang semuanya itu dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Pola makan nabati tersebut meliputi campuran makanan seperti buah – buahan, sayuran, biji – bijian, kacang – kacangan, dan polong-polongan, serta sedikit daging dan susu. Para ahli menyerukan penelitian lebih lanjut untuk memahami komponen apa dari pola makan nabati yang dapat melindungi dari diabetes tipe 2.

Mereka mengatakan tingginya jumlah serat, terutama pada gandum utuh, buah – buahan, sayuran dan kacang-kacangan mungkin memainkan peran penting. Serat makanan membantu menjaga berat badan yang sehat. Selain mengurangi risiko diabetes, juga mengurangi risiko penyakit metabolik seperti penyakit kardiovaskular.

Dr Ian Johnson, peneliti nutrisi di Quadram Institute Bioscience, Norwich, mengatakan, “Telah diketahui dengan baik dari studi populasi bahwa vegetarian cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah dan masalah kesehatan kronis lainnya daripada pemakan daging.”

Dalam hal yang sama, profesor Tom Sandres, Profesor Emeritus nutrisi dan dietetika, kings College London (KCL), mengatakan bahwa secara umum, vegetarian lebih ringan dari pada pemakan daging dan mereka makan lebih banyak biji – bijian, yang akan mengurangi risiko terkena diabetes.