Majalahayah.com, Jakarta – Tuntutan pekerjaan dan berbagai aktivitas lainnya yang kerap dilakukan setiap hari membuat banyak orang mengalami stres. Mengutip dari Halodoc, stres merupakan sebuah reaksi tubuh yang muncul ketika seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Stres dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat putus asa, gugup, marah, atau bersemangat.

Rasa stres yang berkepanjangan akan memberikan dampak buruk untuk diri kita. Untuk itu, kita perlu mencari cara jitu untuk mengusir rasa stres yang menumpuk.

Menghadirkan suasana yang nyaman dengan paduan warna unik ternyata bisa membantu mengusir stres lho, Sahabat Dream.

Beberapa warna memiliki efek pendinginan atau menenangkan yang dapat meredakan kecemasan dan menghilangkan stress.

Kira-kira warna apa saja yang bisa atasi stres yang melanda? Yuk simak ulasan Dream berikut ini.

Abu-Abu

Warna netral seperti abu-abu terkadang dipandang membosankan dan memberikan kesan ‘kaku’. Padahal secara psikologis, warna abu-abu dikenal efektik untuk menenangkan dan mendinginkan pikiran yang tertekan.

Kamu bisa menggunakan warna abu-abu pada kamar tidurmu, rumah, hingga ruang kerja. Bisa juga memilih jenis warna abu-abu sesuai dengan ukuran ruangan.

Jika ukuran ruangan luas dan minim perabotan, kamu bisa memilih campuran warna kelabu yang terang hingga sedikit gelap.

Sebaliknya, jika sempit, kamu bisa memilih warna kelabu muda yang lebih terang untuk memberikan kesan luas dan lapang.

Putih

Warna yang mampu mengatasi stres selanjutnya adalah warna putih. Di Indonesia, penggunaan warna putih dalam bangunan sudah lumrah dilakukan. Warna putih dikenal sebagai lambang dari kejelasan dan kesegaran.

Warna putih bisa dimanfaatkan untuk manajemen stres yang benar. Stres pun bisa hilang dan pikiran lebih rileks.

Biru

Warna biru identik dengan suasana damai seperti di laut. Ketika kita dihadapkan dengan suasana yang nyaman, tenang seperti di laut, kita pun akan jadi lebih rileks. Itulah mengapa warna biru dikenal efektik untuk meredakan stres yang melanda.

Selain mampu menenangkan, ternyata warna biru langit juga bisa mendorong kreativitas pada otak. Imajinasi dan inspirasi bisa lebih mudah kamu dapatkan deh.

Kamu bisa menggunakan warna biru pada dinding kamar tidur atau meletakkan barang bernuansa biru untuk membantu memberikan ketenangan. Pilihlah warna biru netral untuk merasakan suasana yang nyaman.

Lavender

Warna lavender identik dengan aroma terapi yang digunakan untuk memberikan rasa tenang nan santai. Oleh karena itu, warna lavender mampu mengatasi stres.

Lavender mampu memberikan dampak keseimbangan dan ketenangan batin. Untuk pengaplikasian warna lavender, kamu bisa meletakkannya di kamar tidur atau ruang pribadimu.

Agar tak terkesan monoton, kamu bisa memadukan lavender dengan warna putih dan meletakkan beberapa barang bernuansa sama di ruangan.

Merah Muda

Warna selanjutnya yang bisa kamu pilih untuk meredakan stres yang melanda adalah warna merah muda. Warna merah muda atau pink biasa identik dengan kesan feminim nan lembut.

Kamu bisa mengaplikasikan warna merah muda di ruang tidurmu atau ruang kerjamu untuk memberikan kesan tenang dan damai.