Home Kabar Peta Transportasi, untuk Tamu Jakarta Hingga Pembelajaran di Sekolah

Peta Transportasi, untuk Tamu Jakarta Hingga Pembelajaran di Sekolah

28

Majalahayah.com, Jakarta – Peta informasi transportasi, signage (sekumpulan tanda atau lambang), dan wayfinding (informasi penunjuk arah di jalan) yang terpasang di 28 halte non BRT dan totem, serta direncanakan di beberapa stasiun MRT dan LRT diperuntukkan untuk para tamu di Jakarta hingga pembelajaran di sekolah.

“Peta ini dibuat dalam bahasa Ingggris dan Indonesia yang juga mengikuti prinsip-prinsip yang dianut di kota-kota modern di seluruh dunia,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Jakarta, Selasa.

Anies beralasan Jakarta sudah menjadi kota global, sehingga peta, signage dan wayfinding dipersiapkan bagi tamu Jakarta dari seluruh dunia.

Selain itu, peta dan signage dibuat dengan kolaborasi bersama Forum Diskusi Transportasi Jakarta dengan standar yang sama seperti yang ditemukan di luar negeri, dengan informasi rute yang berbeda di setiap tempat.

“Dulu ketika warga akan menggunakan kedaraan umum, hanya mengandalkan ingatannya atau tanya kanan kiri, tanya online. Kalau sekarang datang ke halte, maka di situ semua informasinya lengkap,” ujar Anies.

Rencananya, alat informasi transportasi juga akan diletakkan di semua tempat yang kira-kira dibutuhkan, mulai bandara, stasiun, hotel, kafe, pusat belanja dan restoran, di mana ada potensi wisatawan datang.

Tak hanya itu, informasi transportasi publik dalam peta dan signage akan diimplementasikan ke sekolah-sekolah yang ada di Jakarta, agar para pelajar siap untuk menggunakan kendaraan umum.

“Ini jadi tempat pembelajaran, setiap sekolah di Jakarta punya signage untuk mendorong anak-anak kita, dirangsang semangatanya untuk didorong menggunakan transportasi umum,” ujar dia.

Untuk saat ini, pemasangan pertama dilakukan di Halte Gelora Bung Karno Jakarta Pusat. Selain itu, flyer informasi juga diberikan secara gratis di Stasiun MRT Istora Senayan.

Semua informasi tentang moda transportasi mulai dari Bus TransJakarta, MRT, LRT dan kendaraan mikro dalam sistem intregrasi JakLingko tercantum dalam peta petunjuk dan signage itu.

Peta petunjuk dan signage di lokasi tersebut diresmikan Anies bersama jajaran pimpinan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta.