Pesimis Umat Islam Menang Pilkada, CSIL: Politik Indonesia Diperkuat Politik Ekonomi Cina

Pesimis Umat Islam Menang Pilkada, CSIL: Politik Indonesia Diperkuat Politik Ekonomi Cina

244
0
SHARE

Majalahayah.com, Jakarta – Direktur Eksekutif Centre of Study for Indonesian Leadership (CSIL), Aji Dedi Mulawarman melihat umat Islam Indonesia saat ini dalam posisi yang sangat gamang. Pasalnya, ia menilai politik Indonesia saat ini dipengaruhi oleh politik ekonomi Cina.

Hal tersebut menurutnya berdampak pada Indonesia yang cenderung tidak mandiri. “Politik kita diperkuat politik ekonomi Cina dan dampak nasionalnya kuat,” katanya dalam diskusi bertajuk ‘Suara Politik Umat Islam pada Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres 2019’ di Hotel Sofyan Inn, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (24/1/2018).

Aji sendiri menyebut umat Islam di Indonesia sejatinya adalah singa karena mayoritas. “Tetapi, mereka sedang tidur panjang,” imbuhnya.

Terlebih, ia menuturkan Indonesia memiliki banyak Gubernur muslim, sama seperti jumlah penduduk.

“Cuma, apakah ini merepresentasikan umat Islam, saya tidak yakin,” ujar Aji yang juga Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam (FORDEBI).

“Sebenarnya kita punya potensi yang luar biasa, tapi sedang dimainkan potensinya,” tambahnya.

Lebih lanjut, dirinya merasa pesimis umat Islam akan menang pada Pilkada 2018 dan Pilpres 2019 mendatang. Pasalnya, Aji menyayangkan partai Islam yang diharapkan kuat dalam ideologi, justru saat ini banyak yang berkoalisi dengan partai yang dianggap telah melukai umat Islam.

“Mereka tidak punya ideologis sama sekali,” tukasnya.

“Saya tidak yakin umat Islam akan menang,” pungkas Aji

LEAVE A REPLY