Peserta UNBK Meningkat Signifikan, Kepala BNSP : Tingkatkan Prestasi Jadi Tantangan Berikutnya

Peserta UNBK Meningkat Signifikan, Kepala BNSP : Tingkatkan Prestasi Jadi Tantangan Berikutnya

78
SHARE

Majalahayah.com, Jakarta – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencatat Ujian Nasional (UN) 2018 diikuti oleh 8,1 juta peserta didik dan 96 ribu satuan pendidikan yang akan digelar pada bulan April mendatang.

“Sebanyak 78 persen didik siap mengikuti UN berbasis komputer (UNBK). Jumlah peserta UNBK tahun ini meningkat signifikan dari penyelenggaraan tahun lalu,” papar Totok Suprayitno, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, di Gedung Kemendikbud, Jakarta (13/03/2018).

Baca juga :   Pembentukan TPGF Tersendat, Dahnil Anzhar : Ada Tekanan Terhadap Komnas HAM

Mengetahui penyelenggaraan ujian tahun ini mengalami peningkatan, Kemendikbud mengapresiasi peran pemerintah daerah. Lanjut Totok mengatakan bahwa sebanyak 6.293.552 perserta didik siap mengikuti UNBK, jumlah ini meningkat signifikan, mencapai 166 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 3,7 juta perserta.

Terbukti efektif pada UNBK tahun ini mampu meningkatkan integritas dalam pelaksanaan UN, Bambang Suryadi, Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa perlu adanya perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran sebab itu tantangan kita berikutnya adalah meningkatkan prestasi dan capaian dalam UN.

Baca juga :   Pemerhati Pendidikan Nilai Full Day School Tidak Bisa Diterapkan Di Seluruh Daerah

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada  jenjang SMA sederajat memiliki soal isian singkat pada mata pelajaran matematika. Tak hanya itu, tahun ini Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) menggunakan digital signature dan biaya untuk proktor dan pengawasan ujian disatuan pendidikan menggunakan anggaran yang dibebankan pada dana Batuan Oprasional Sekolah (BOS).