Ilustrasi masa kehamilan. Sumber www.pinterest.com

Majalahayah.com, Jakarta – Istilah aneh dan tidak dapat diimbangi oleh penelitian seringkali dianggap sebuah kebenaran oleh sebagian masyarakat. Ya, seperti perpaduan “Ngidam” yang berkiatan dengan pernyataan bayi “Ngiler”, apakah sobat ayah pernah mendengarnya?

Menurut keterangan dr. Tauhid Nur Azhar bahwa pernyataan ngidam yang tak tertuntaskan membuat bayi ngiler adalah pernyataan kurang tepat dalam ilmu kedokteran. Kecuali, ia tuturkan, jika memang ngidam menandakan adanya kekurangan asupan gizi tertentu.

“Kekurangan gizi akan mengakibatkan janin mengalami malnutrisi atau pertumbuhan dalam kandungan berada di bawah standar usia kehamilan (misalnya bobot janin tidak sesuai dengan kandungan), jadi tidak ada kaitannya dengan bayi ngiler,” jelasnya dalam buku “Anda Bertanya Dokter Menjawab”.

Meskipun ibu hamil ngidam adalah hal yang wajar, namun dr. Tauhid menyarankan agar para suami atau keluarga tidak perlu memenuhinya ketika permintaannya tidak masuk diakal.

“Ngidam pun bisa sangat berbahaya ketika makanan yang dipilih tampak aneh menurut orang lain. Misalnya seperti tanah liat, besi, rambut, pensil, bedak,” imbuhnya.

Dalam ilmu kedokteran jika sang ibu mempunyai keinginan kuat untuk memakan benda-benda yang bukan merupakan makanan maka disebut dengan istilah Pica.

“Penyebab pica sampai saat ini belum diketahui. Sejumlah hipotesis telah diajukan untuk menjelaskan beberapa faktornya, seperti pengaruh budaya, status sosial-ekonomi rendah, penyakit efisiensi dan gangguan psikologis,” sambungnya.

Pica pun biasanya dikaitkan dengan kebutuhan nutrisi ibu sendiri. Misalnya ketika ibu ingin memakan rambut hal ini, sambung dr. Tauhid dapat dikaitkan dengan keadaan tubuh ibu yang kekurangan zat besi.

“Pica juga sering dikaitkan dengan status ekonomi . kebiasaaan pica bisa terjadi karena kekurangan ketersediaan makanan yang memadai,”

Terkesan menyeramkan bahkan berbahaya ya sobat. Oleh karena itu dr. Tauhid menyarankan ketika mempunyai istri atau keluarga yang sedang hamil harus waspada dan mengawasi gejala-gejala ngidam.

“Bagi para ibu atau calon ibu yang sedang hamil, ingatlah bahwa di rahimmu ada si buah hati yang berhak untuk tumbuh sehat. Jadi, wajarlah ketika ngidam,” tuntasnya.