Home Parenting Perjalanan Mudik, Jangan Paksa Anak Berpuasa Bun!

Perjalanan Mudik, Jangan Paksa Anak Berpuasa Bun!

122

Majalahayah.com, Jakarta – Ketika melakukan  perjalanan mudik, para orangtua biasanya membawa serta anak-anak. Selain Pemerintah, perjalanan mudik yang panjang dan melelahkan juga bisa diantisipasi oleh para orangtua. 

“Kebutuhan makan dan minum yang cukup bagi anak selama dalam perjalanan  harus diperhatikan dengan baik oleh para orangtua,” ujar Ena Nurjanah Ketua Lembaga Perlindungan Anak GENERASI dalam rilis.

Saat dalam perjalanan, Ena tegaskan agar tidak memaksakan anak harus berpuasa dalam situasi darurat, karena anak akan lama berada didalam mobil atau kendaraan.

“Dampaknya jika anak dipaksa berpuasa saat dalam perjalanan mudik maka membuat anak kelelahan dan cenderung mengalami kekurangan cairan tubuh,” sambungnya.

Tak hanya itu, ia tuturkan belum lagi jika menggunakan kendaraan umum yang kurang nyaman bagi anak, kendaraan yang penuh sesak membuat anak-anak berhimpitan dalam kendaraan, maka akan semakin beratlah kondisi fisik yang dialami oleh anak.

Selama dalam perjalanan, Ena himbau para orangtua harus tetap mengawasi anaknya. Membawa anak ke dunia luar harus meningkatkan kewaspadaan para orang tua.

“Anak-anak terutama balita harus tetap berada dalam pengawasan dan dekat orangtua mereka. Berbagai bentuk kejahatan ataupun kecelakaan pada anak bisa terjadi karena pihak orangtua yang lengah terhadap anak-anaknya,” tandasnya.