Home Pojok Ayah Pergi Mudik Lebaran? 6 Tips Agar Rumah Tetap Aman

Pergi Mudik Lebaran? 6 Tips Agar Rumah Tetap Aman

54

Majalahayah.com, Jakarta – Euforia mudik lebaran kini sudah terlihat jelas di masyarakat. Meninggalkan rumah cukup lama tak bisa dianggap ‘spele’. Penting bagi sahabat ayah untuk memastikan rumah sudah aman untuk ditinggalkan.

Agar perjalanan bisa tenang dan menyenangkan, majalahayah.com bagikan tips loh untuk kalian ketika ingin berangkat mudik. Yuk simak dan listing jika sudah diterapkan!.

1. Cabut Aliran Listrik Dari Alat Elektronik

Sebelum kamu pergi meninggalkan rumah untuk perjalanan mudik, langkah yang harus kamu lakukan adalah mematikan lalu cabutlah aliran listrik dari alat elektronik. Sebab ini bisa mengurangi terjadinya aluran listrik yang korsleting dan menyebabkan kebakaran. Jangan sampai terjadi ya!

2. Cabut Regulator Tabung Gas

Selanjutnya adalah mencabut regulator tabung gas. Ini akan sangat berbahaya jika tidak di perhatikan dan jika kamu tinggalkan pergi mudik. Karena akan menyebabkan kebocoran gas.

3. Segera Matikan Saluran PAM dan Keran Air

Setelah kamu mematikan aliran listrik dari alat elektronik dan cabut regulator tabung gas, lalu pastikan mematikan saluran PAM dan Keran Air. Tidak ada untungnya lho untuk tetap menyalakan air, karena akan sia-sia ketika kamu pergi meninggalkan rumah saat mudik.

3. Simpan Barang Berharga Pada Tempat Aman

Simpan semua barang berharga kamu pada tempat aman, misalkan saja simpan di brankas atau lemari yang terkunci rapat. Karena kalau rumahmu kemalingan, kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi sampai kamu kembali pulang ke rumah.

4. Kunci Rapat Pintu, Jendela Rumah dan Pagar

Bila 4 langkah diatas sudah semua kamu lakukan dan kamu merasa aman. Selanjutnya adalah kunci rapat semua pintu, jendela rumah dan pagar rumahmu. Apalagi kalau kamu tinggal pada daerah yang kurang aman atau tidak memiliki petugas keamanan. Ini wajib kamu lakukan ya Disasterizen!

5. Catat Nomer Telefon Tetangga yang Di Percaya

Sebelum pergi jalan untuk mudik, ada baiknya kamu meminta nomer telpon tetanggamu di ponsel, yang kamu percayai dan tidak melakukan perjalanan mudik. Untuk dapat saling berkomunikasi dan memberikan informasi jika terjadi sesuatu pada rumahmu.

6. Beri Tahu Kepada RT/RW dan Keamanan Setempat

Informasikan kepada RT/RW, serta keamanan setempat kalau kamu ingin pergi mudik untuk beberapa hari. Mintalah pada mereka untuk dapat menjaga keamanan rumahmu.