Pameran otomotif Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2020. (Foto: IIMS)

Majalahayah.com – Penyelenggara Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2020, Dyandra Promosindo, masih berharap produsen lokal asal Boyolali, Esemka, turut meramaikan pameran otomotif itu yang bakal terselenggara pada 9-19 April di Jakarta.

Hendra Noor Saleh, perwakilan Dyandra Promosindo, mengatakan pihaknya kini kesulitan menindaklanjuti penawaran untuk ikut pameran tahun ini yang sebelumnya sempat diberikan kepada Esemka.

“Mungkin kalau kamu tau ada kontak ke mereka, ya jadi dengan sesegera mungkin bisa kami follow up,” kata pria yang akrab disapa Kohen itu Jumat (14/2/2020).

Kohen bercerita tim pemasaran Dyandra sebelumnya sudah berupaya menawarkan Esemka ikut dalam pameran IIMS 2020. Ada dua pihak yang diberikan penawaran kala itu.

Pihak pertama ia duga anak buah AM Hendropriyono, yang merupakan salah satu sosok di balik Esemka. Hendropriyono diketahui pernah sangat lekat dengan merek tersebut, namun tak lagi demikian usai peresmian pabrik Esemka dan peluncuran pikap Bima pada September 2019.

Pihak kedua yang dijangkau tim Dyandra yakni seorang guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang disebut dekat dengan proyek Esemka, tapi Kohen tidak menjelaskan rinci namanya.

“Jadi begitu masuk penawaran ya tidak negatif dan kongkret juga. Hanya ‘oke terimakasih kami ditawarin dan akan saya ajukan ke pimpinan’. Ya gitu normatif saja, nolak juga tidak. Tapi karena ya sudah pengalaman di bidang ini, ya sudah saya anggap tidak saja,” kata Kohen.

Kohen mengatakan, pihaknya sampai sekarang masih membuka kesempatan kepada Esemka jika ingin menjadi peserta pada IIMS 2020.

Sejauh ini sudah ada 20 Agen Pemegang Merek (APM) mobil dan motor yang mendaftar menjadi peserta. Satu di antara APM tersebut diketahui merupakan produsen mobil yang baru menginjakkan kaki di Indonesia.