Majalahayah.com, Jakarta – Kasih sayang orang tua untuk anaknya tidak perlu lagi untuk dipertanyakan. Sobat pasti sangat menyayangi anak-anak  Anda tanpa terkecuali.

Kendati demikian, masih ada anak yang beranggapan, bahwa orang tua pilih kasih dengan saudara kandungnya. Ini sering kali menjadi bom waktu bagi orang tua.
Cobalah untuk introspeksi diri ya sobat. Bila ternyata sikap yang Anda lakukan, tanpa sadar memunculkan kecemburuan antar anak, maka segera cari solusinya. Menurut Direktur Rumah Quran dan Bahasa Al-Mujtaba, Dr. Mauidlotun Nisa, Lc., S.Pd.I., M.Hum, Islam mengajarkan orang tua untuk bersikap adil terhadap anak-anaknya.
“Jika orang tua tidak adil kepada anak padahal level kebutuhan anak itu sama, maka ini jelas tidak boleh,” ujar Dr Mauidlotun Nisa, Lc., S.Pd.I., M.Hum dikutip dari Kumparan, Kamis (16/4/2020).
Petunjuk untuk bersikap adil pun dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW, dalam Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.
عن النعمان بن بشير  أن أباه أعطاه غلاما فقالت أمه: لا أرضى حتى يشهد رسول الله عليه الصلاة والسلام فذهب بشير بن سعد إلى النبي ﷺ وأخبره بما فعل فقال: أكل ولدك أعطيته مثل ما أعطيت النعمان فقال: لا، فقال الرسول: اتقوا الله واعدلوا بين أولادكم.
Sungguh aku telah memberi pemberian berupa seorang budak milikku kepada anakku ini.” Kemudian Rasulullah SAW. bersabda: “ Apakah semua anakmu kau beri seperti (anakmu) ini?” Dia menjawab: “ Tidak.” Maka Rasulullah SAW. bertanya : “ Apakah engkau senang apabila mereka (anak-anakmu) semuanya berbakti kepadamu dengan sama?” Dia menjawab: “ Aku mau (wahai Rasulullah).” Lalu Rasulullah SAW. bersabda: “ Kalau begitu, jangan kau lakukan (pilih kasih).” (HR. Muslim)
Lantas, sikap adil seperti apa yang perlu dilakukan orang tua?
Ustazah Nisa menjelaskan bahwa yang dimaksud adil di sini adalah bukan berarti sama rata atau sama kuantitas. Tetapi, orang tua harus adil sesuai dengan kebutuhan anak-anaknya.
“Tp harus diingat bahwa adil dalam arti proporsional, tidak harus sama,” jelasnya.
Misalnya saja, Moms, adil yang dimaksud bukan berarti Anda harus membagi uang jajan sekolah anak dengan nilai yang sama. Tentunya, kakak yang sudah duduk di bangku SMP punya kebutuhan yang lebih banyak, sehingga ia perlu dapat uang jajan yang lebih besar dibanding adik yang masih SD.
Keadilan di sini maksudnya adalah memberikan sesuatu yang sesuai dengan porsinya. Kebutuhan anak yang sudah SMP dengan yang masih SD tentu berbeda. Hal ini yang perlu Anda jelaskan juga kepada anak-anak, bahwa adil itu bukan berarti sama rata, melainkan sesuai dengan porsinya.
Kemudian, jika dalam kasih sayang, tentu Anda tidak boleh membedakan antara anak satu dengan anak lainnya. Kasih sayang harus Anda berikan sama rata dan tidak boleh dibeda-bedakan.
Nah Moms, oleh karena itu penting sekali orang tua bersikap adil pada anak-anaknya.
Jika tidak, hal ini akan menimbulkan permusuhan pada anak-anak. Mereka pun bisa kehilangan rasa kasih sayang antar saudara dan berdampak pada sikap tidak menghormati pada orang tua.
“Ketika orang tua bersikap adil, anak-anak terhindar dari permusuhan atau kecemburuan. Anak memiliki karakter berjiwa besar karena penghormatan dan kasih sayang orang tua, sehingga perkembangan pribadinya menjadi baik dan akan menjadi anak yg sholih serta taat kepada Allah dan kedua orang tua,” pungkasnya.