Pentingnya Cinta Orangtua Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya Cinta Orangtua Terhadap Tumbuh Kembang Anak

145
0
SHARE

Majalahayah.com, Jakarta – Kata ‘Cinta’ telah diyakini untuk mendeskripsikan pengalaman manusia yang paling dinamik dan paling vital. Sebab, apa yang disebut dengan makna ‘Cinta’ lebih besar dan tidak bisa dibandingkan dengan apapun. Dan dalam kehidupan, tidak ada yang lebih penting dalam hidup dibanding dengan mencintai dan dicintai.

Begitu pula dengan mencintai sang buah hati. Seperti yang dituliskan oleh Dorothy Law Nolte dalam buku “Anak-Anak Belajar dari Kehidupanya” bahwa ketika orangtua mencintai anak-anaknya dengan sepenuh hati dan menerima mereka tanpa syarat, percayalah anak akan bertumbuh kembang dengan layak.

“Cinta adalah tanah di mana anak-anak kita tumbuh, sinar matahari yang menentukan arah mereka, air yang menutrisi pertumbuhan mereka,” tulis Nolte.

Siapa yang tidak membutuhkan cinta? Setiap individu pasti membutuhkannya. Terlebih pada anak. Sejak anak dilahirkan dan bahkan sebelum itu, Nolte katakan anak sangat tergantung sepenuhnya pada kehangatan, afeksi, dan perhatian penuh dari cinta orangtua dan keluarga.

“Perhatian aktif dari orangtua dan keluarga menumbuhkan perasaan keinginan dan dimiliki. Seiring kematangan anak, mereka akan terus mengandalkan kita untuk menunjukan kepada mereka bahwa kita mencintai mereka,” jelasnya.

Melalui tindakan baik dan penuh perhatian orangtua dan keluarga tanpa disadari Nolte terangkan bahwa hal tersebut telah menjadi pembelajaran positif bagi si kecil.

Rasa cinta tidak cukup dengan kata-kata benar adanya. Sambung Nolte, anak-anak kita perlu hidup dalam atmosfer dimana anak merasa di terima dan di cintai terlepas dari segala kekurangan yang anak miliki.

“Dengen begitu, anak akan mendapat kematangan dalam kemampuan untuk mencitai orang lain,’ tutup Nolte. 

LEAVE A REPLY