Penembakan Masjid di Selandia Baru, Ditemukan Bahan Peledak

Penembakan Masjid di Selandia Baru, Ditemukan Bahan Peledak

66
SHARE

Majalahayah.com, New Zealand – Penembakan brutal terjadi di dua masjid di kota Christchurch, Selandia Baru. Sejumlah orang dilaporkan tewas dalam penembakan tersebut, meski kepolisian setempat belum menyampaikan keterangan mengenai korban jiwa.

Selain terjadi penembakan, sejumlah bahan peledak juga ditemukan. Komisaris Polisi Selandia Baru, Mike Bush mengatakan kepada para wartawan bahwa sejumlah bahan peledak, improved explosive devices (IED) dipasang ke kendaraan-kendaraan sebagai bagian dari serangan itu.

Baca juga :   Jelang Penutupan, Kominfo : Sudah 305 Juta yang Teregistrasi

Bush mengatakan, bahan-bahan peledak tersebut telah diamankan oleh aparat kepolisian. “Ini menunjukkan seriusnya situasi,” tutur Bush seperti dilansir mediaCNN, Jumat (15/3/2019).

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, mengatakan ini adalah kejadian “luar biasa, tak pernah terjadi sebelumnya, dan salah satu hari terkelam” negara tersebut.

Salah satu masjid yang menjadi lokasi kejadian adalah Masjid Al Noor, di pusat Kota Christchurch.

Baca juga :   PM Australia : Senator yang Salahkan Muslim Soal Penembakan Masjid Menjijikan

“Kepolisian merekomendasikan warga Christchurch menjauhi jalan-jalan dan tetap berada di dalam ruangan sampai pemberitahuan selanjutnya. Sekolah-sekolah di Christchurch akan ditutup sampai pemberitahuan selanjutnya,” ujar Komisaris Polisi Mike Bush.

Harian New Zealand Herald melaporkan pelaku adalah seorang pria Australia yang telah menulis manifesto berisi ideologi ekstrem kanan yang anti-Islam dan anti-imigran.